EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI UNIT PELAYANAN PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH (UP3D) KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Eddy Hermawan Hasudungan, Baihaquey Gabreil, Destrina Alin Sudarsono, Widya Ningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan publik dan kendala yang dihadapi di Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Kecamatan Cipayung Jakarta Timur berdasarkan indikator-indikator pelayanan publik. Penelitian di khususkan pada jenis pajak BPHTB dan PBB. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam dan observasi. Informan berjumlah 15 orang, terdiri dari wajib pajak 10 orang, 3 orang pegawai, 2 pimpinan melalui teknik snowball sampling. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang baik dan transparansi dan kejujuran pegawai harus diberikan apresiasi yang baik. Tetapi ada beberapa wajib pajak yang meminta dimaksimalkan pelayanannya dari segi waktu melayani diloket dari wajib pajak ke wajib pajak selanjutnya. Dalam pengajuan proses BPHTB memiliki keterlambatan karena dilihat dari nilai Objek Pajak yang diajukan lebih dari 1 Milyar jadi harus dilakukan tinjau lokasi. Persyaratan pengajuan sudah sangat sesuai dan ringan untuk wajjib pajak. Kendala yang dihadapi kebanyakan wajib pajak tidak mengetahui tentang pajak pegawai harus menjelaskan lebih detail dan harga pembelian atau brang tidak sesuai dengan kenyataan dilapangan. Kedepannya adanya sosialisasi yang intens minimal satu tahun sekali agar masyarakat taat bayar pajak sesuai aturan.


Full Text:

PDF

References


Agus Dwiyanto (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bugin, Burhan (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.

Barata (2008). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media

Creswell, John W(2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanto, Agus (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gie (2000). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Nur Cahaya

Hayat (2019). Manajemen Pelayanan Publik. Depok: Rajawali Press

Hasibuan, Malayu SP. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Herdiansyah, Haris (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif: Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kasmir (2017). Manajemen Customer Service Excellent Teori dan Praktik Kasmir Original, Yogyakarta: Rajawali Press.

Keban, T. Yeremis (2004). Enam Dimensi Strategis Aministrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media

Kumorotomo & Agus Dwiyanto (2006). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Mahsyar, A (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2) : 81-85

Moenir (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih (2006), Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar

Rahman, A (2015). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Akademik (SIA) dalam Meningkatkan Pelayanan pada Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman. Ejournal Ilmu Pemerintahan

Ridwan, Dkk (2009). Hukum Administrasi Agama dan Kebijakan Pelayanan Publik. Bandung: Nuansa.

Sarwoto (2005). Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Schroeder, L (2003). Fiscal decentralization in South East Asia. Journal of Public Budgeting, Accounting& Financial Management, 15(3): 385-413

Tamasoleng, A (2015) Analisis Efektivitas Pengelolaan Anggaran Di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1): 11-12.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 297 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah

Winardi (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v4i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/