PENGARUH KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN DAN KINERJA GURU TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SMKN 1 KARAWANG

Enjang Sudarman

Abstract


Pengaruh Kualitas Layanan Pembelajaran dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMK Karya Guna Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas layanan pembelajaran dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik di SMKN 1 Karawang Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dari populasi 527, dengan besaran sample (n=70), dan teknik analisis data menggunakan korelasi dan Regresi dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas Layanan Pembelajaran berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepuasan peserta didik (t hitung = 10,024 p < 0,05). Kinerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta didik (t hitung = 13,593, p < 0,05). Kualitas Layanan Pembelajaran dan Kinerja Guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta didik (F hitung = 99,505, p < 0,05). Kontribusi kualiatas layanan pembelajaran dan kinerja guru terhadap kepuasan peserta didik ditunjukan oleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,748 atau ( 74,8%) Sisanya sebanyak 25,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi penelitian ini adalah Kepala Sekolah perlu membuat kebijakan tentang upaya peningkatan kualitas layanan pembelajaran meliputi layanan sarana prasarana, layanan tenaga pendidik atau guru, dan karyawan, agar memnuhi kebutuhan proses pendidikan yang nyaman untuk meningkatkan kepuasan peserta didik.
Kata Kunci : Kualitas Layanan Pembelajaran, Kinerja Guru, Kepuasan Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


A.S Moenir.1992. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Barnawi dan M Arifin. 2007. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Burhan B (2012), Metodologi Penelitian Kuantitatif. Prenada, Jakarta.

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Eka Prihatin. (2011) Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta

Fandy Tjiptono, 1998, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andy, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, 2015, Strategi Pemasaran, Penerbit Andy, Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono (2007) “Strategi Pemasaran”, Yogyakarta : Andi.

Gerson, Richard F.2001. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Komalasari, Kokom.2010. “Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi”. Bandung: Refika

Aditama.

Kotler, Amstrong.2000. Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi kedua belas, jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan. Pendidikan (KTSP)

dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Pustaka.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Indigo Media

Maisaroh, & Burhanudin, (2003) Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Nana Syaodih Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nunung, A.S, & Dewi S, (2016) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Guru terhadap Kepuasan

Peserta Didik Di Smk Angkasa Lanud Husein Sastranegara Kota Bandung Jurnal Indonesia Membangun.

Philip Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Prawirosentono, Suyadi.1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE

Qorrotul Ainiyah, (2018) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta

didik Di Lembaga I’dadiyah Wilayah Al-Hasyimiyah Jurnal.

Rahmayanti, Nina. (2010). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha. Ilmu

Ratnasari. Ririn. Tri & Mastuti. H. Aksa. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Kedua. Bogor:

Ghalia Indonesia

Sanjaya, Wina. (2014) Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siagian, S.P. (2007) Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta : Balai Pustaka.

Sopiantin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sri Minarti, (2011). Manajemen Sekolah, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sugiyono. (2011), Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Uno, Hamzah. B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Zulkarnain, 2012, Ilmu Menjual Pendekatan Teoritis dan Kecakapan Menjual, Graha Ilmu,

Yogyakarta.

Wijaya, Tony. (2012). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i1.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/