PENGARUH IKLAN TOKOPEDIA WIB (WAKTU INDONESIA BELANJA) TERHADAP MINAT JUAL BELI MASYARAKAT DAERAH SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Sani Mawarni, Muhammad Rais Al Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Iklan Tokopedia
Terhadap Minat Jual Beli. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 70 responden. Sampel penelitian ini adalah masyarakat Daerah Singaparna Kab. Tasikmalaya yang menggunakan E-commers Tokopedia. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara penggunaan Iklan Tokopedia WIB (Waktu Indonesia Belanja) Terhadap Minat Jual Beli. Pada pengujian sub hipotesis ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Isi Pesan dengan Minat Jual Beli. Ada Pengaruh yang tidak signifikan antara Format Pesan dengan Minat Jual Beli. Ada Pengaruh yang tidak signifikan antara Sumber Pesan dengan Minat Jual Beli. Ada Pengaruh yang signifikan antara Struktur Pesan dengan Minat Jual Beli. Dan adanya pengaruh Iklan Tokopedia Terhadap Minat Jual Beli dengan Nilai sig 0.00<0.05 dan Nilai F Hitung 14.287>3.13 Ftabel.dengan Pengaruh iklan sebesar R=0.174 atau 17.4%.
Kata Kunci : Iklan Tokopedia, Minat Jual Beli, Pengaruh.


Full Text:

PDF

References


Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.

A. Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi.

Jakarta: Erlangga.

Armstrong, G. d. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlanga.

Farhan Ucharino, P. (2021). Persepsi Remaja Sidoarjo Terhadap Iklan Tokopedia “WIB

Spesial Ulang Tahun Tokopedia Ke-11” Pada Platform Media Sosial Youtube. 1-7.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo.

Ling, C. d. (2010). The Effect of Shopping Orientaton, Online Trust and Prior Online

Purchase Experiene Toward Customers’ Online.

Malhotra. (2007). Malhotra, Naresh, 2007. Marketing Research : an applied orientation,

pearson. USA: fifth edition .

Narimawati, U. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi.

Bandung: Agung Media.

P, A. W. (2016). Pengaruh Terpaan Iklan Tokopedia di Televisi dan Brand Equity Tokopedia

terhadap Minat Konsumen untuk Menggunakan Tokopedia sebagai Sarana Jual-Beli

Online. 1-10.

Solihin, I. (2004). Kamus Pemasaran. Bandung: Cetakan Kesatuan.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Veronika. (2016). Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Brand

Image Sebagai Variable Mediasi. 1-131.

Astitiani, Ni Luh Putu Surya. "Pengaruh Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen Di Lingkungan Universitas Bali Internasional Kadek Riyan Putra

Richadinata1."

Vika, A. D. (2022, 07 19). 10 E-Commerce Dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022.

Retrieved

From

Katadata

Media

Network:

Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/07/19/10-E-Commerce-DenganPengunjung-Terbanyak-Kuartal-I-2022

Nugroho,

D. A. (2017). Pengantar Manajemen Untuk Organisasi Bisnis, Publik Dan

Nirlaba. Universitas Brawijaya Press.

Kartika, T. G. M., Darmansyah, D., & Anwar, S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk,

Kepercayaan Konsumen Dan Pengetahuan Tentang Media Sosial Internet Terhadap

Minat Beli Konsumen Online (Doctoral Dissertation, Universitas Bengkulu).

Riyadi, A. (2014). Pengaruh Iklan Olx. Co. Id Di Televisi Terhadap Minat Jual Beli Online

(Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi

Uin Alauddin Makassar) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin

Makassar).

Nuriqli, P. Q. A. (2010). ” Terpaan Iklan Produk Axe Terhadap Tanggapan Khalayak”(Studi

Deskriptif Kuantitatif Tentang Terpaan Iklan Televisi Produk Axe Di Trans Tv

Terhadap Minat Beli Pria Metroseksual Di Komunitas Klub Mobil Option Yogyakarta

Angkatan 8 Dan 9).

Ass-Shiddiqi, F. P., Jaiz, M., & Nesia, A. (2012). Pengaruh Terpaan Iklan Tv Axis Versi

“Berkah Blak-Blakan” Terhadap Minat Membeli Kartu Perdana (Survey Pada

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Untirta Angkatan 2008) (Doctoral Dissertation,

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Abdurahman, F. Y. (2020). Peranan Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Dalam

Perilaku Pembelian Impulsif Pada Perusahaan Sepatu Vans Di Mahasiswa Kota

Bandung (Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Sulistyowati, L., & Nursanti, A. (2014). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik

Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Brand Attitude Pada Produk Handphone

Android Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 22(01), 132-149.

Herawati, T. (2014). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan

Keuangan (Survei Pada Organisasi Perangkat Daerah Pemda Cianjur). Star, 11(1), 1-14.

Rahsel, Y., Irviani, R., & Irawan, D. Hubungan Promosi Jabatan Dengan Semangat Kerja

Karyawan Di Pt Bni’46 Tbk. Kanwil 04 Bandung. Jurnal Akuntansi Manajemen

Madani Issn, 2580, 2631.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan

Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.

Silvia, G. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumen Tokopedia Pada

Masyarakat Kota Jambi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(3), 240251.

Fajar, A. (2017). Implementasi Integrated Marketing Communication (Imc) Pada Pt

Tokopedia Dalam Mempertahankan Pelanggan. Jurnal Komunikasi, 8(3).

Iin, K. (2021). Tinjauan Pemasaran Produk Pada Online Shopping Tokopedia Di Kota

Palembang. Tinjauan Pemasaran Produk Pada Online Shopping Tokopedia Di Kota

Palembang.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/