HUBUNGAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA PT. KARYA BAHARI ABADI

Yenny Budiasih, Benedictus Tri Januarianto, Edi Riesnandar Wahyu, Muhammad Yahdi, Asep Subur

Abstract


Time Quality Management (TQM) adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. Sedangkan produktivitas merupakan suatu hasil kerja dari seorang pegawai. Hasil kerja ini merupakan suatu proses bekerja dari seseorang dalam pekerjaanya. Sebagaimana diketahui bahwa setiap organisasi, baik yang bergerak dalam bidang bisnis maupun non bisnis memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memperoleh hasil sesuai yang direncanakan.

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hubungan total quality management (TQM) dengan produktivitas kerja pegawai. 2) Untuk mengetahui hubungan disiplin dengan produktivitas kerja pegawai. 3) Untuk mengetahui hubungan total quality management (TQM) dan disiplin secara bersama-sama dengan produktivitas kerja pegawai.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey, metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh, dengan demikian sampel yang diteliti sebanyak 20 orang yakni Pegawai PT. Karya Bahari Abadi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan variabel (X1) dengan variabel (Y). Terbukti diperoleh nilai korelasi (rhitung) untuk variabel (X1) yang lebih tinggi dari nilai rtabel yaitu 0.887 > 0.444, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel (X1) berhubungan dengan variabel (Y). 2) Terdapat hubungan variabel (X2) dengan variabel (Y). Terbukti diperoleh nilai korelasi (rhitung) untuk variabel (X2) yang lebih tinggi dari nilai rtabel yaitu 0.684 > 0.44, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel (X2) berhubungan dengan variabel (Y). 3) Terdapat hubungan variabel (X1) dan variabel (X2) secara bersama-sama dengan variabel (Y). Terbukti diperoleh dari hasil uji ANOVA atau fhitung lebih besar dari nilai ftabel yaitu 108.133 > 3.10. Sedangkan nilai R sebesar 0.963 artinya bahwa variabel (X1) dan variabel (X2)  memiliki hubungan sebesar 96.3% dengan variabel (Y) sedangkan sisanya sebesar 3.7% berhubungan dengan faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Efendi, P., & Mandala, K. (2018). Pengaruh Implementasi Total Quality Management Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Barjaz Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Enny W., M. (2015). Effect of ISO 900- 2008 QMS, Total Quality Management and Work Environment on Job Satisfaction and Employee Performance at PT Mount Dreams Indonesia in Gresik. The International Journal of Business & Management.

Flippo, Edwin B., Manajemen Personalia, terjemahan Moh. Mas'ud, Jilid. 1, Jakarta: Erlangga, 1994

Hameed, A., Ramzan, M., kashif zubair, hafis m, Ali, G., & Arslan, M. (2014). Impact of compensation on employee performance.

M. Ansyar, New York, Harper & Row, Publiser, Inc., 2002.

Marwansyah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sastrohadiwiryo, Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia: Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Santosa P. B. dan Ashari, 2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS. Penerbit ANDI. Yoyakarta.

Satyawati, N. M. R., & Suartana, i W. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja yang Berdampak pada Kinerja Keuangan. E-Jurnal Akuntansi.

Prasanti, A. P., & Damayanti, N. A. (2018). Pengaruh Penerapan Prinsip Leadership, Employee Involvement, dan Continuous Improvement terhadap Kepuasan Kerja Pegawai.

Prabasari, M. & Netra, K. (2013). Pengaruh motivasi, disiplin kerja dan komunikasi terhadap kinerja pegawai PT PLN (Persero) distribusi Bali. EJurnal Manajemen Universitas Udayana

Sanjaya, E. & Indrawati, D. (2014). Pengaruh kompetensi, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada PT Pande Agung Segara Dewata. E- Jurnal Manajemen Universitas

Setiawan, F. & Dewi, K. (2014). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada CV Berkat Anugrah. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Tjiptono, F. A. Diana. 2003. Total Quality Management. Edisi Revisi. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Yamit, Z. 2004. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonesia. Yogyakarta.

Yasa, S. & Utama, M. (2014). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasaan kerja dan kinerja pegawai pada Karma Jimbaran. EJurnal Manajemen Udayana

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i1.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/