MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DIENG KABUPATEN WONOSOBO DI MASA PANDEMI
Abstract
Tujuan tulisan ini dibuat untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya potensi wisata sebagai daya tarik wisata dan menjadi tempat belajar atau sarana edukasi yang menyenangkan dan mengetahui manajemen strategi yang diterapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk meningkatkan jumlah pengunjung saat masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menerapkan pendekatan kualitatif deskripsi beberapa artikel relevan dalam pengumpulan data dan informasi serta menyesuaikan permasalahan yang diambil yaitu data yang didapatkan berdasarkan pengamatan lokasi, kajian pustaka dan kajian dokumen. Dengan mengunjungi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Wonosobo diharapkan dapat menjadi tolak ukur dan evaluasi dalam peningkatan daya Tarik obyek wisata di Dieng Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata Dieng di masa pandemi ini masih kurang sehingga manajemen pengelola dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan harus melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi- strategi yang telah dilakukan adalah membuat program-program publik, membuat daya Tarik baru, obyek wisata baru agara pengunjung tidak bosan dengan destinasi yang sudah ada, menyiapkan tenaga SDM yang terlatih.
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Yogyakarta: Nusa Media Arifudin, Opan, dkk. (2020). Manajemen Strategi: Teori dan Implementasi. Purwokerto: CV. Pena Persada Handoko, Galuh Septi. (2017). Pemanfaatan Museum Pura Mangkunegaran Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Surakarta. Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Handoko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia Isniati dan M. Riski. (2019). Manajemen Strategik. Yogyakarta: Andi Offset
John A. Pearce II dan Richard B. Robinson. (2013). Manajemen Strategis (Formulasi, Implementasi dan Pengendalian). Jakarta: Salemba Empat
Manullang, M. (2018). Dasar-Dasar Manajemen, edisi revisi. Ghalia Indonesia: Jakarta
Rangkuti, Freddy. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sinaga, Risma, Margaret dkk. (2018). Berkenalan Dengan Museum. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Bregoli, I. and Del Chiappa, G. (2013). Coordinating relationships among destination stakeholders: evidence from Edinburg (UK), Tourism Analysis, Vol. 18 No. 2, pp. 145-155.
DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i2.199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/