MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DIENG KABUPATEN WONOSOBO DI MASA PANDEMI

Haris Aulia Rahman

Abstract


Tujuan tulisan ini dibuat untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya potensi wisata sebagai daya tarik wisata dan menjadi tempat belajar atau sarana edukasi yang menyenangkan dan mengetahui manajemen strategi yang diterapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk meningkatkan jumlah pengunjung saat masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menerapkan pendekatan kualitatif deskripsi beberapa artikel relevan dalam pengumpulan data dan informasi serta menyesuaikan permasalahan yang diambil yaitu data yang didapatkan berdasarkan pengamatan lokasi, kajian pustaka dan kajian dokumen. Dengan mengunjungi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Wonosobo diharapkan dapat menjadi tolak ukur dan evaluasi dalam peningkatan daya Tarik obyek wisata di Dieng Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata Dieng di masa pandemi ini masih kurang sehingga manajemen pengelola dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan harus melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi- strategi yang telah dilakukan adalah membuat program-program publik, membuat daya Tarik baru, obyek wisata baru agara pengunjung tidak bosan dengan destinasi yang sudah ada, menyiapkan tenaga SDM yang terlatih.


Full Text:

PDF

References


Buku:

Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Yogyakarta: Nusa Media Arifudin, Opan, dkk. (2020). Manajemen Strategi: Teori dan Implementasi. Purwokerto: CV. Pena Persada Handoko, Galuh Septi. (2017). Pemanfaatan Museum Pura Mangkunegaran Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Surakarta. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Handoko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia Isniati dan M. Riski. (2019). Manajemen Strategik. Yogyakarta: Andi Offset

John A. Pearce II dan Richard B. Robinson. (2013). Manajemen Strategis (Formulasi, Implementasi dan Pengendalian). Jakarta: Salemba Empat

Manullang, M. (2018). Dasar-Dasar Manajemen, edisi revisi. Ghalia Indonesia: Jakarta

Rangkuti, Freddy. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sinaga, Risma, Margaret dkk. (2018). Berkenalan Dengan Museum. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Bregoli, I. and Del Chiappa, G. (2013). Coordinating relationships among destination stakeholders: evidence from Edinburg (UK), Tourism Analysis, Vol. 18 No. 2, pp. 145-155.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/