ANALISA ACCOUNT RECEIVABLE TURNOVER DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN (SALES GROWTH) TERHADAP KINERJA KEUANGAN YANG BERDAMPAK PADA NILAI PERUSAHAAN UNTUK PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2013-2017
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Account receivable turnover, terhadap Kinerja Keuangan. 2) Untuk mengetahui pengaruh Sales Growth terhadap Kinerja Keuangan. 3) Untuk mengetahui pengaruh Account receivable turnover dan Sales Growth Kinerja Keuangan. 4) Untuk mengetahui pengaruh Account receivable turnover terhadap Nilai Perusahaan. 5) Untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Penjualan (Sales Growth) terhadap Nilai Perusahaan. 6) Untuk mengetahui pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan. 7) Untuk mengetahui pengaruh Account receivable turnover dan Sales Growth terhadap Nilai Perusahaan.
Penelitian ini berpendekatan kuantitatif, berjenis deskriptif dan asosiatif. Dalam penelitian ini penulis mempersempit populasi yaitu Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017. Account Receivable Turnover (X1) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (Y). koefisien path sebesar 0.114 nilai thitung sebesar 0,757 dan ttabel 2,014, maka 0,757 < 2,014 probabilitas 0.454 (0.454 > 0.05). Sales Growth (X3) mempunyai pengaruh terhadap Profitabilitas (Y). besarnya koefisien path 0.227 nilai thitung sebesar 2,515 dan ttabel sebesar 2,014, maka 2,515 > 2,014 probabilitas sebesar 0.002 (0.002 < 0.05). Besarnya sumbangan (kontribusi) Account Receivable Turnover (X1), dan Sales Growth (X2) Adjusted R Square 0.322. sebesar 32.2% profitabilitas dipengaruhi Account Receivable Turnover (X1), dan Sales Growth (X2). sisanya 67,8% profitabilitas (Y). Account Receivable Turnover (X1) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (Z). Hal dibuktikan besarnya koefisien path sebesar 0.089 dengan nilai thitung sebesar 0,661 dan ttabel 2,014, maka 0,661 < 2,014 dengan probabilitas sebesar 0.512 (0.512 > 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa Account Receivable Turnover (X1) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Z). Sales Growth mempunyai pengaruh negative signifikan terhadap nilai perusahaan (Z). koefisien path 0.353 nilai thitung 2,556 dan ttabel sebesar 2,014, maka 2,556 > 2,014 dengan probabilitas sebesar 0.014 (0.014 < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa variabel Sales Growth (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Z). koefisien path sebesar -0.278 thitung sebesar 2.016 dan ttabel sebesar 2.014, maka 2.016 > 2,014 probabilitas sebesar 0.051 (0.051 > 0.05). bahwa profitabilitas (Y) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (Z). Besarnya sumbangan Account Receivable Turnover (X1), Sales Growth (X2) dan profitabilitas (Y) dapat dilihat dari Adjusted R Square yaitu 0.220. Artinya bahwa 22% variabel nilai perusahaan (Z) dipengaruhi Account Receivable Turnover (X1), Sales Growth (X2) dan profitabilitas (Y). sisanya 78% nilai perusahaan (Z) dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Aditama, Fahad. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI, Skripsi : Universitas Negeri Semarang.
Afriani dkk. (2014). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Growth terhadap Kebijakan Dividen. Skripsi. STIE MDP Palembang.
Agoes, Sukrisno dan Cenik, Ardana. (2011). Etika Bisnis dan Profesi. Jakarta: Salembaempat. Agung, Anak Agung Putu. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Agus, Riyanto (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jakarta: EGC.
Amin, Samsul Munir. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah. Arents, Alvin A. (2010). Auditing and Assurance Services: An Integrated Approach. Thirteenth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Ariana, Hermawati, Suharyono dan Devianti, Dwi Risma. (2012). Analisis Pendapatan dan Belanja pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ekonomi Universitas Mulawarman. Arifin, Johar. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok. Gramedia.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Dewi. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia. Basu Swastha, Hani Handoko. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta : BPFE. Brigham dan Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1. (Edisi 11). Jakarta : Salemba Empat.
Brigham, Eugine F & Phillip R Daves. (2014). Intermediate Financial Manajemen,. 8 th edition, New York: Mc Graw-Hill.Inc.
Budiharjo, Roy. (2016). Good Corporate Governance terhadap Return Saham Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening dan Moderating. Jurnal Online Insan Akuntansi. Volume 1. Nomor 1.
Casario, T. K., N. Nurhayati dan E. Sukarmanto. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Bergerak di Bidang Makanan dan Minuman Periode 2011-2013). Prosiding Akuntansi. ISSN: 2460-6561.
Garrison, Ray H; Noreen, W Eric; Brewer, Peter C. (2013). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro. ________. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D.N. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C. Jakarta: Salemba Empat.
Mubarakah, Quratul’ain. (2017). dalam Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 13. Buku 1. Terjemahan Jakarta: Salemba Empat. Muh, Arief Effendi. (2016). The Power of Good Corporate Governance. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi. (2010). Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Munawir,S. (2012). “Analisis Informasi Keuangan”. Yogyakarta : Liberty.
Mycbr. (2017). Corporate Business References. Http://Mycbr2017.Blogspot.Com Diakses pada tanggal 10 Maret 2019 pukul 19.54 WIB.
Nazir, Mohammad,Ph.D. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
DOI: https://doi.org/10.46975/.v4i1.243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/