IMPLIKASI PROFESIONALISME DAN KUALITAS ETOS KERJA TENAGA PENDIDIK (GURU) TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ANWAR DESASAMPIRAN TAHUN CIREBON 2019
Abstract
The purpose of this study are: 1) To determine the effect of professionalism on improving the quality of education in Madrasah Tsanawiyah AL-Anwar Village, Saitan Talun Cirebon 2019. 2) To determine the effect of the work ethic quality of educators (teachers) on improving the quality of education in Madrasah Tsanawiyah AL- Anwar Desa Saitan Talun Cirebon 2019. 3) To find out the influence of professionalism and work ethic quality of teaching staff (teachers) together to improve the quality of education in Madrasah Tsanawiyah AL-Anwar Sanggar Talun Village Cirebon 2019. This research is quantitative, descriptive and associative type. The population in this study were 40 people in the teachers and staff at Madrasah Tsanawiyah AL-Anwar Village of Saitan Talun Cirebon 2019. In this study the sampling technique used saturated sampling (census). The respondents that I use as many as 40 respondents, namely teachers and employees at Madrasah Tsanawiyah AL-Anwar Village, Sleting Talun Cirebon 2019.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Nur. 2014. Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai, Etos Kerja Dan Semangat Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Economic Education Analysis Journal 3 (3).
Akmal Sutja. Dkk. 2014. Panduan Penulisan Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Jambi.
Arens, Loebbecke. 2009. Auditing Pendekatan Terbaru, edisi kedua. Jakarta: Salemba. Empat. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya. Arikunto, S. 2010. Manajemenn Penelitian. Jakarta:
Rineka Cipta.
Asifudin, Ahmad Janan. 2008. Etos Kerja Islami Muhamadiyah. University Press.
Briliani, Anggarini. 2017. Pengaruh Kontrak Psikologis Terhadap Etos Kerja Pada Karyawan Kontrak Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Danim, Sudarwan. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiyanto, Agus . 2011. Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi. Birokrasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Efendie, Rustam. 2016. Hubungan Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dan Etos Kerja Guru Dengan Kompetensi Profesional Guru. Studi Empiris Di Sebelas Smk Teknologi Industri Pada Sub Rayon 12 Kota Medan. Masters thesis, UNIMED.
Erlina. 2011. “Metodologi Penelitian”. Medan: USU
PRESS.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar R. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika. Jilid 1. Alih Bahasa Julius Mulyadi. Jakarta: Erlangga.
Hadis dan Nurhayati. 2014. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamidi, 2007. Metodologi Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM.
Hanny, Mulyawati. 2012. Pengaruh Metode Latihan Keterampilan/Drill terhadap hasil belajar siswa. (Tesis). Universitas Pendidian Indonesia.
Harefa, Andrias. 2014. Membangkitkan Etos Profesionalisme. Jakarta: Gramedia.
Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Kriyantono. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan. Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja. Grafindo.
Mudlofir, Ali. 2012. Pendidik Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Novliadi Ferry, 2009. “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi Pembelajar Dengan Job Insecurity Pada Karyawan”. Fakultas Psikologi,
Rumtini, Sunandar, Retnaningdyastuti. 2018. Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Iklim Kerja Terhadap Mutu Sekolah Dasar Dabin 2 Batealit Jepara. JMP Universitas PGRI Semarang. Volume 7 Nomor 3.
Sallis, Edward. 2007. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.
Sinamo. 2005. 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta: PT. Spirit Mahardika.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif.
Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sondang P. Siagian. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Sowiyah. 2010. Pengembangan Kompetensi Guru
SD. Bandar Lampung: Unila.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
______. 2012. Metode Penelitian Administrasi.
Bandung: CV Alfabeta.
Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia 2013. Metode Penelitian Bisnis: Bandung:
Skripsi (Dipublikasikan).
Nur Hidayah, Siti. 2012. Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Etos Kerja Guru dengan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis : Jakarta : Salemba Medika.
Poerwandari, K. 2007. Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Poerwopoespito, FX. Oerip dan Tatag Utomo. 2012. Mengatasi Krisis Manusia di Perusahaan. Jakarta: Grasindo.
Priansa, Donni Juni. 2015. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya. Manusia. Bandung: Alfabeta.
Riduwan dan Sunarto. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rini, Riswanti. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah dan Hasil Penelitian. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Rosalia & Prihastuti. 2011. Hubungan antara Kecerdasan Sosial dengan Gaya Penyelesaian Konflik Siswa Seminari Menengah ST. Vincentius A. Paulo Garum Blitar. Jurnal Insan Media Psikologi, Vol. 13 - No. 2 / 2011-04, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.
Penerbit CV. Alfabeta.
______. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
______. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
______. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Ade. 2011. Analisis Pengaruh Kompentensi Accout Representative Dan Independansi Account Representative Serta Penerapan Benchmarking Laporan Keuangan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Kanwil Djp Sumut I. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Sukardewi, Nyoman dkk. 2013. Kontribusi Adversity Quotient (AQ), Etos Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMANegeri Di Kota Amlapura. Volume 4 Tahun 2013. Singaraja Indonesia: Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Rajawali Pers.
Suryosubroto. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaodih, dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik.
Jakarta: Universitas terbuka.
DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v3i1.402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/