PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK BNI KANTOR CABANG PEMBANTU DUREN TIGA JAKARTA

Putri Sarirati, Nanda Syafira Ardini

Abstract


The sampling technique used in this research was the author's use of random sampling
technique or by random method, all employees were a population of 162 and were
sampled using the Slovin formula in Husein Umar, 2017, obtaining only 62 samples.
Based on the results of the regression analysis, it turns out that the mobile banking
service quality variable can significantly increase customer satisfaction, the equation
value Y = 7.298 + 0.777 > the ttable value in (60) is = 1.671, then Ho is rejected and
Ha is accepted, meaning there is evidence that mobile banking service quality has a
very significant influence on customer satisfaction. Based on the analysis results, there
is a positive influence of mobile banking service quality on customer satisfaction, a
value of 0.844 is obtained, so it can be concluded that the influence is very strong or
the Coefficient of Determination (KD) value is: 71.2%.


Full Text:

PDF

References


Archand dalam Chandra, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan, Badan Penebit Andi, Yogyakarta 2015.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, Cetakan Kedua, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2017.

A.S., Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Badan Penerbit Bumi Aksara, Jakarta: 2015.

Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kerja Kependidikan Depdiknas (2008). Penulisan Modul. Depdiknas. Jakarta. 2017.

Danang Sunyoto, Strategi Pemasaran. Center for Academic Publishing Service (CAPS). Yogyakarta 2015.

Dwiastuti Rini., Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Penebit UB Press. Malang: 2017.

Etta Mamang Sangadji, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian”, Alih Bahasa Jaka Wasana, Badan Penerbit PT. Gelora Antara Pratama, Jakarta. 2018.

Fandy. Tjiptono, Prinsip & Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. Badan Penebit J & J Learning. Yogyakarta. 2017.

Fandy Tjiptono dan Chandra, Service, Quality & Satisfaction, Badan Penebit Andi, Yogyakarta 2018

Febriana, Nina Indah, Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Tulungagung. Jurnal An-Nisbah, (Tulungagung) No. 01 Vo. 03. 2016.

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT. Badan Penebit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2015

Hadari, Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, Penerbit Gajah Mada Universitas Press, Yogyakarta, 2016.

Handi Irawan. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Badan Penerbit Elex Media Komputpindo, Jakarta. 2017.

Hadi Sutrisno, Metode Ramalan Kuantitatif Untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis, Badan Penerbit Rineka Cipta, Jakarta. 2015.

Harries Madiistriyatno, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Badan Penerbit, Indigo Media, Kota Tangerang. 2021.

Husein Umar, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Badan Penerbit Rajawali Pers. Jakarta 2017.

Ibnu Hadjar, Dasar-Dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan, OG Mandino’s, University Of Success. 2015.

J. Supranto, “Analisis Multi Variat Arti Dan Prestasi. Badan Penerbit Rineka Cipta, Jakarta. 2015.

Kasmir, Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Badan Penerbit PT Raja Grafindo Persada: Jakarta. 2017.

Kotler, Philip, “Marketing Insight From A to Z”, Badan Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama Erlangga Jakarta. 2015.

Kotler, Philip Dan Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Badan Penerbit. Erlangga. Jakarta: 2017.

Kotler dan Keller, “Marketing Insight From A to Z”, Badan Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama Erlangga Jakarta. 2016.

Kotler dan Amstrong dalam Priansa, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian”, Alih Bahasa Jaka Wasana, Edisi IV, PT. Gelora Antara Pratama, Jakarta, 2017.

Kotler dan Keller dalam Sudarso Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Badan Penerbit Prehallindo, Jakarta, 2016.

Kotler dalam Yuniati dan Tri, Bauran Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2, Erlangga, Jakarta. 2017. Badan Penerbit

Kumar, H., Singh, M. K., Gupta, M. P., & Madaan, J. (2020). Moving towards smart cities: Solutions that lead to the Smart City Transformation Framework. Technological Forecasting and Social Change, 153(October 2017), 1–16.

Moenir, A.S., Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Badan Penerbit Bumi Aksara, Jakarta: 2015.

Mulia Nasution, Pengaruh Kemampuan, Disiplin, dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mandailing Natal. Universitas Terbuka 2015.

Nina Indah Febriana, “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung”, An Nisbah, Vol.03, No.1, 2016

Panjaitan, M. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen, 3(2), 1-5. 2018.

Parasurahman, Zeithaml dan Moholtra, Pelayanan Nasabah yang Sempurna, Badan Penerbit Kunci Ilmu, Yogyakarta. 2016.

Parasuraman dkk, “E-S-QUAL:A Multiple-Item Scale for Assessing Elektronic Service Quality”, Journal of Service Research 7, no. 3 (2016), 213- 233.

Santoso, Singih, SPSS Versi 28 Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo. 2016.

Sonny Harsono, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Badan Penerbit ALFABETA. Bandung. 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Badan Penerbit, CV. Alfabeta, Bandung. 2018.

Sujana, Nana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Penerbit Sinar Baru Algensindo, Jakarta. 2015.

Suparyanto & Rosad, Manajemen Pelayanan, Badan Penerbit Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2015.

Vincent Gaspersz, Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Badan Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2017

Wijaya, Statistika Non Parametrik (Aplikasi Program SPSS), Cetakan Ketiga, Penerbit Alfabeta, Bandung. 2017,

William J. Stanton yang dikutip oleh Danang Sunyoto, Manajemen Kualitas Pelayanan Mobile BankingJasa: Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia, Badan Penerbit PT. Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 2015.

Jurnal-Jurnal

Aditya, dan Iradianty, “Indonesian Student Perception in Mobile Banking Payment”, Jurnal Manajemen Bisnis 17, No. 4 (2020), https:doi.org / 10.38043/jmb.v17i4.2713.

Harniza Harun, Pengaruh Customer Relationship Markeying dan Nilai Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank Muamalat Cabang Jambi, Jurnal Manajemen Pemasaran Baru, Vol. 3, No. 1, 2016.

Robby Darma, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang”. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Volume 6, Nomor 2 (hlm. 349-359).

Iradianty dan Aditya, “Indonesian Student Perception in Mobile Banking Payment”, Jurnal Manajemen Bisnis 17, no. 4 (2020): 518 – 530, diakses pada 24 Januari, 2022, https:doi.org/10.38043/jmb.v17i4.2713.

Chellapalli dan Kumar, “Role of Customer Perceptions in The Usages of Electronic Payment System”, International Journal of Scientific and Technology Research 9, no.2 (2020): 4336-4340.

Archand dkk, “Mobile Banking Service Quality and Customer Relationship”, International Journal of Bank Marketing 35 (2017): https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2015-0150

Harniza Harun, “Pengaruh Costumer Relationship Marketing dan Nilai Nasabah Terhadap Loaylitas Nasabah”, Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol. 3 No. 1 Januari-Juni 2016, hal. 66

Yuliantari K, Ulfa SN, 2016 Disiplin Kerja Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Megah Bangun Baja Semesta Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor. Vol. 4, No.2, Desember 2016, 354 -373




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v7i1.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/