PENGARUH STRATEGI e-WOM TERHADAP KEPUTUSAN CALON ORANG TUA SISWA DALAM MENENTUKAN SEKOLAH INTERNASIONAL DI JAKARTA

Febri Rakhmawati

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis pengaruh word of mouth terhadap keputusan orang tua siswa untuk memasukkan putra-putrinya bersekolah di sekolah internasional. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan wawancara langsung. Sampel pada penelitian berjumlah 100 calon orang tua siswa. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana yang di olah menggunakan program SPSS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara word of mouth terhadap keputusan pembelian. Diharapkan pihak sekolah dapat mengelola e-wom yang dimilki agar meyakinkan lagi calon orang tua siswa dalam memilih sekolah yang tepat.


Full Text:

PDF

References


Eka dkk. 2022. ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (E-WOM) IN SOCIAL MEDIA AS A PREDICTOR OF INVESTMENT INTENTION IN CAPITAL MARKET. Journal of Applied Management (JAM) Volume 20 Number December 2022. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub

Fakhrudin, Yudianto dan Melly. 2021. Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. FORUM EKONOMI, 23 (4) 2021, 648-657.

Hakiki. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Lokasi, Social Influence, dan School Performance terhadap Pengambilan Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus SMP Nurul Falah Jakarta Utara). Jakarta: STIE.

Hendro and Keni. 2020. E-WOM dan Trust sebagai Prediktor terhadap Purchase Intention: Brand Image sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 12(2), pp. 298–310. DOI:https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9590.

Herlinda, W. (2017, Juni 4). Sekolah Internasional Wajib Ganti Status jadi SPK: Bagaimana standar pendidikannya? Retrieved from http://kabar24.bisnis.com/read/20170604/255/659062/standar-pendidikannya

Irawan. 2018. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Wali Murid memilih sekolah dasar. Journal of Business and Banking. Volume 7 Number 2. DOI: 10.14414/jbb.v7i2.1382

Kotler, Keller dan Chernev. 2022. Marketing Mangement 16e. Global Edition. Pearson.

Nabillah Deriefca Rahmawati1, Widi Winarso2, Haryudi Anas. 2023. PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN ELECTRONIC WORD OFMOUTHTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRANDSKINTIFICDI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina. Volume 2, Nomor10, Oktober 2023. doi.org/10.55681/economina.v2i10.897

Springfield International School. (2020). Springfield School Annual Magazine 2020-2021. DKI Jakarta: Springfield International School.

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai9tahun/perkembangan anak/sekolah-internasional/

https://kumparan.com/kumparannews/indonesia-jadi-negara-dengan-sekolah-internasional-terbanyak/full

https://mediaindonesia.com/humaniora/119773/di-asean-indonesia-paling-banyak-punya-sekolah-internasional

Ismagilova, E., Slade, E. L., Rana, N. P., and Dwivedi, Y.K. 2020. The Effect of Electronic Word of Mouth Communications on Intention to Buy: A Meta-Analysis. Information Systems Frontiers, 22, pp.1203–1226. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10796-019-09924-y.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v7i1.539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/