ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK BUAH MANGGA GEDONG GINCU DI PASAR TRADISIONAL BANGKIR KABUPATEN INDRAMAYU
Abstract
Pasar tradisional Bangkir menjual berbagai jenis buah mangga. Konsumen biasanya membeli jenis mangga Gedong Gincu. Penelitian ini dilakukan selama bulan Januari 2023 di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) menganalisis perilaku konsumen terhadap pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu. 2) menganalisis faktor-faktor yang mendorong pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner yaitu teknik pengambilan sampel untuk mengumpulkan informasi dari responden melalui pertanyaan-pertanyaan. Teknik pengambilan data dengan wawancara kepada petani mangga, pengelola pasar dan kuesioner dengan memberi daftar pertanyaan yang diajukan kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perilaku konsumen terhadap pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu berpengaruh positif terhadap kualitas, harga, rasa, mudah ditemukan dan keramahan penjual buah mangga. 2) faktor yang mendorong pembelian mangga Gedong Gincu di pasar tradisional Bangkir Kabupaten Indramayu yaitu faktor lingkungan, faktor pribadi dan faktor psikologis. 3) berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini, nilai kepuasan konsumen terhadap buah mangga Gedong Gincu adalah 160,56 (biasa).
Full Text:
PDFReferences
Arif S. Dkk. (2016). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Beras Organik produksi Kabupaten Pringsewu. Jurnal Agribisnis. Vol 4 (2).
Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu. (2021). Statistik Penduduk Indramayu. https://indramayukab.bps.go.id : diakses November 2022
Dian Trisna. (2017). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Buah Lokal di Pasar Modern Kota Palopo. Jurnal Agribisnis. Vol 5 (2).
Divha Putri U (2021). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Buah Impor Di Plaza Buah Hertasning Kota Makassar. Skipsi. Makassar : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar.
Dwi, M. (2019, 16 November). Nikmatnya Mencicipi Si Gincu Merah Asal Indramayu. Republika
https://ekonomi.republika.co.id/berita/ekonomi/pertanian/19/11/16/q1246l
-nikmatnya-mencicipi-si-gincu-merah-asal-indramayu
I Komang. Dkk. (2016). Perilaku Konsumen Mengkonsumsi Beras Organik di Kota Denpasar Berdasar Theory of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
M. Soleh Mauludin. Dkk. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Transaksi di e-Commerce. Jurnal. Institus Agama Islam Negeri Kediri. Vol 1
Mashur Razak. (2016) Perilaku Konsumen. Makassar : Alauddin University Press
Okta Neofri, Andi Hafifah. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar. Jurnal. FEBI UIN Alauddin Makassar. Vol 5 (1).
Pramudita Ananta P. (2020). Analisa Perilaku Konsumen Jasa Katering untuk Keperluan Pesta di Surabaya. Jurnal EKBIS. Vol 21
Sukma Utami (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Anak pada Mata Pelajaran PKn di SDN No. 77 Kanaeng Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Skripsi. Makassar : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v7i1.541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/