PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI JAKARTA SELATAN

Maulana Arief Rachman Hakim, Indi Nervilia, Oki Pebrian Saputra, Bambang Ermansyah Saragih

Abstract


Tujuan penilitian untuk mengetahui prngaruh harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Tehnik penilitian menggunakan metode kuantitaif. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi yang pernah menggunakan layanan GOjek, komunitas Gym dan Grub komunitas supermoto yang pernah menggunakan layanan jasa Gojek. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif harga terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2.453 dengan nilai signifikansi 0,018<0,05; dan koefesien regresi sebesar 0,132 (2) Terdapat pengaruh positif promosi terhadap kepuasan, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4.644 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefesien regresi sebesar 0,542, (3) Terdapat pengaruh positif kualita harga dan promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 2.761 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05.


Full Text:

PDF

References


Azhari, M (2019). Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT MATAHARI DEPARTEMENT STORE PEJATEN VILLAGE. Jurnal Manjemen dan Bisnis Aliansi, 87-90. Dapat diakses https://journal.stimaimmi.ac.id/index.php/aliansi/article/view/37/37

Kotler, P (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P (2010). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Amstrong, G (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P & Keller, L. K (2016). Manjemen Pemasaran Edisi 13 jilid 1. Terjemahan Rahmat Hidayat. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Manullang. (2008). Pengantar Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Swasta, B (2010). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Edisi I Cetakan Ketiga. Yogyakarta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT.Alfabet. Dapat diakses melalui aplikasi IPUSNAS

Tjiptono, F (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam.Yogyakarta: Andy.

Tjiptono, F & Diana, A (2003). Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andy.

Faradina, A & Satrio, B (2016). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5, No. 7. Dapat diakses http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/854

Wahyuno, C (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Hotel Anugerah Glagah Indah Temon Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: FE UNY. Dapat diakses https://www.e-jurnal.com/2013/11/pengaruh-kualitas-pelayanan-dan-harga.html




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v7i1.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/