STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA KOPI ATAS RUMAH

Nadya Fildza Ghassani, Muhammad Heri Khudori, Witji Wiyono, Harries Madiistriyatno

Abstract


Munculnya kafe di berbagai kota besar di Indonesia tidak hanya menguntungkan pemilik kafe itu sendiri, tetapi juga membuka peluang bagi para pencari kerja. Kehadiran pesaing baru memaksa manajemen Kopi Atas Rumah mengadopsi strategi alternatif untuk menangkap peluang dan memenangkan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan sumber data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data untuk menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan untuk analisis SWOT, visi dan misi, tujuan dan sasaran, struktur organisasi, kondisi persaingan, kompetensi yang ada.Data sekunder meliputi data perkembangan industri Kopi Cikarang, segmentasi pelanggan, struktur biaya, aliran pendapatan dan pangsa pasar. Hasil survey pada elemen BMC (Customer Segmentation, Value Proposition, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structures) menunjukkan bahwa program improvement yang harus dilakukan Kopi Atas Rumah adalah menyeimbangkan faktor eksternal dan internal . Diantara sekian banyak elemen Business Model Canvas Unsur terkuat adalah proposisi nilai yang berasal dari kualitas produk dan dari visi tempat dan orang. Kemudian kita sampai pada elemen kunci dari sumber daya, karena kekuatan perusahaan adalah sumber daya manusianya, yaitu para barista. Sementara barang yang hilang adalah faktor kunci saat ini, diyakini bahwa produk yang ada perlu perbaikan untuk mempertahankan jangkauan produk dan citra merek dalam menghadapi ancaman persaingan besar-besaran yang dapat mendorong pelanggan untuk pergi ke tempat lain.

Keywords


Bisnis Model Kanvas, Kafe, Strategi Pengembangan Usaha, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Amalia, D. (2018). 9 Elemen Yang Harus Ada Pada Bisnis Model Kanvas. Dikutip Pada 21 Agustus 2019 dari situs www.slideshare.net/erlinda11593/bisnis-model-kanvas.

Amanullah ANA, Aziz NFB, Hadi FN, Ibrahim J. (2016). Comparison of (BMC) among the three consulting companies.3(2): 462– 471.

Amir, T. Manajemen Strategik konsep dan Aplikasi, Jakarta: Raja Wakli Pers, (2011), PP. 155

Chandler, A. (1962). Strategy and Structure: Chapters In The History Of American Industrial Enterprice.

David, F. (2017). Manajemen Strategis Konsep. Edisi Ke-12. Jakarta (ID)

Fielt E. (2013). Conceptualising Business Models: Definitions, Frameworks and Classifications.1(1) 85–105.

Florencia B. (2015). Business model canvas pada CV Sekawan Cosmetics Sidoarjo. Agora 3 (1): 207– 214.

David, F. (2017). Manajemen Strategis Konsep. Edisi Ke-12. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Fielt E. (2013). Conceptualising Business Models: Definitions, Frameworks and Classifications.1(1): 85–105.

Horvath L, Csik O, Misley H, Nagy K, Verderber E. 2016. The business model canvas as a tool for assessing curriculum implementation effectiveness in a Hungarian private secondary school. 40(144):1–9.

Herdriansyah, H. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Kotler, P. Keller, K. (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Leschke J. (2013). Business model mapping: a new tool to encourage entrepreneurial activity and accelerate new venture creation. 2 (7): 45–58.

Muller RM, Kijl B, Martens JK. 2011. A comparison of interorganizational business models of mobile app stores: There is More than Open vs. Closed. Journal 24 (2): 234–245.

Octa, A. (2018). Business Model Canvas untuk Distributor – Bag. 1. Dikutip pada 21 Agustus 2019

Octa, A. (2018). Business Model Canvas untuk Distributor – Bag. 1. Dikutip pada 21 Agustus 2019

Osterwalder, A., Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Osterwalder, A. Pigneur, Y. (2014). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers.

Pardede, PM. Manajemen Strategik Dan Kebijakan Perusahaan, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2011, h. 28

Pearce, JA II, Richard, B. Robinson, Jr, Manajemen Strategik:Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat, 2014, edisi 12 buku 1, h. 205

Porter, M, E. 2008. Strategi Bersaing (Competitive strategy). Tangerang: Karisma publishing group.

Qastharin RA. 2016. Business model canvas for social enterprise. Journal of Business and Economics 7(4): 627–637.

Rangkuti, Freddy, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep perencanaan strategic untuk menghadapi abad 21, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Ristiono, Joko. (2016). CRM Series Value Proposition. Dikutip pada 21 Agustus 2019.https://www.kompasiana.com/jokoristono/580840ccc823bd1d1183 4f1b/crm-series-value-proposition?page=all

Salendra. 2014. Coffee shop as a media for self- actualization today’s youth. Jurnal Messenger 4(2): 7–19.

Sholihin, I. Manajemen Strategik, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2012, PP.24

Silalahi. 2014. Analisis model bisnis pada divisi agribisnis Bank Rakyat Indonesia menggunakan pendekatan business model canvas [tesis].

Stefan S, Richard B. 2014. Analysis of business models. Journal of Competitiveness 6(4):19–40.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirotama, S. (2017). Business Model Canvas: A Starbucks Case. Dikutip pada 21 Agustus 2019

Akbar, F. M., & Yuldinawati, L. (2022). Analisis Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan ( BMC ) Dan Analisis SWOT ( Studi Kasus Pada Manasuka Coffee ). 9(5), 2750–2759.

Hambali, A., & Andarini, S. (2021). Journal of Applied Business Administration PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS ( BMC ) DAN SWOT ANALYSIS. (September), 131–142.

Kuswardhani, N., Agustian, R., Plus, M. L., Studi, P., Industri, T., Pertanian, F. T., & Jember, U. (2020). Available online at : ejournal . unida . gontor . ac . id BUSSINES MODEL CANVAS ( BMC ) dan QSPM Business Development Strategy “ COFRESH ” Product Using ( BMC ) and SWOT Analysis.




DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i1.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kunto Atmojo, Haspul Naser, Dewi Listiorini, Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ISSN : 2541-545X


Published by:

Universitas Mitra Bangsa

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/