PENGARUH KUANTITAS PELAYANAN KESEHATAN PENGGUNA BPJS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI DI RS KARANG TENGAH MEDIKA
Abstract
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan tersebut dengan tujuan untuk memproteksi seluruh masyarakat dengan premi terjangkau dan dengan coverage lebih luas untuk seluruh masyarakat. Banyak masyarakat di Indonesia yang masih sulit mendapatkan pelayanan untuk memulihkan kesehatannya. Indonesia sebagai Negara berkembang dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Untuk mengetahui Kualitas pelayanan di RS Karang Tengah Medika, Untuk mengetahui Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di RS Karang Tengah Medika,Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian empiris yang datanya berbentuk angka – angka. Metode kuantitatif adalah metodelogi penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme digunakan untuk meneliti pada populasi atau sample tertentu dan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Metode kuantitatif juga disebut metode discovery karena dapat menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan jenis penelitian survey. Populasi finit adalah suatu populasi yang jumlah anggota populasi secara pasti diketahui. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan BPJS Kesehatan di RS Karang Tengah Medika, Karakteristik pasien BPJS Kesehatan berdasarkan jenis kelamin sebagian 77 % adalah perempuan. Menurut kelompok umur responden yang diteliti secara keseluruhan mayoritas 41 % responden berada di rentang usia 20 – 30 tahun. Untuk Tingkat pendidikan responden didominasi oleh sebagian besar responden dengan riwayat pendidikan terakhir di tingkat SMA sebanyak 54%. Menurut kelompok pekerjaan responden yang diteliti sebanyak 50% responden mengisi pekerjaan lainnya dalam hal ini ibu rumah tangga yang paling mendominasi. Berdasarkan status kepesertaan BPJS Kesehatan yang ada di RS Karang Tengah Medika terbanyak berstatus PBI (Penerima Bantuan Iuran) yaitu sebesar 90%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andy Widiatmoko, “Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Kesehatan”, (Semarang : Universitas Diponegoro).
BPJS. Minat Masyarakat pada JKN Masih Tinggi. [serial online]. 2014. [30 Juni 2015]. Available at : www.bpjs-kesehatan.go.id
Budiastuti. Faktor-Faktor dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. [serial online]. 2002. [akses 2 Juli 2015]. Available at : http// www//klinis.wordpress. www.BPS.go.id , di unduh tanggal 20 Desember 2017
Imam Santoso dan Harries Madiistriyatno. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Indigo Media.
Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. MARKETING MANAGEMENT, THIRTEENTH EDITION (B. Sabran, Trans. A. Maulana & Y. S. Haryati Eds.): Person Education.
Kuncoro dan Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Azwar, A. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Tangerang: Binarupa Aksara.
Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Unpad Press.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ristiyanti Prasetiyo dan John lhalauw. 2004. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PT Andi Offset. h. 21
Sri Fitriani. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Melalui kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta. h.6
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing in Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. h. 47.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta. h. 11.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Supardi. 1993. ”Populasi dan Sampel Penelitian”. Jurnal UNISIA, No. 17 Tahun XIII Triwulan VI – 1993.
Syahrum dan Salim (ed.) Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Citapustaka Media).
Taufiqurokhman, S.et. al,. 2018. Teori dan Pekembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang: UMJ Press.
Wahit Iqbal Mubarak. 2005. Pengantar Keperawatan Komunitas 1. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Wahit Iqbal Mubarak. 2005. Pengantar Keperawatan Komunitas 1. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Windhi A. Pelayanan Kesehatan Sumber Terintegrasi ke BPJS Kesehatan. [serial online] 2014. [akses 27 Mei 2023]. Available at : www. centoone.com
Windhi A. Pelayanan Kesehatan Sumber Terintegrasi ke BPJS Kesehatan. [serial online] 2014. [akses 27 Mei 2023].
BPJS. Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial dan Asuransi Kesehatan Swasta. [serial online] 2014. [akses 27 Mei 2023]. Available at : www.duwitmu.com
Yin, Robert K. 2003. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i1.469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Didik Setiyawan, Annisa Fitriani, Cindy Ade Veronica, Harries Madiistriyatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN : 2541-545X
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/