PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MUTU PELAYANAN PADA KANTOR PUSAT BANK BNI DI JAKARTA PUSAT
Abstract
Reward merupakan faktor yang sangat penting dalam memberikan umpan balik kepada pegawai. Pimpinan organisasi juga perlu mengetahui latar belakang penyebab menurunnya Mutu pelayanan dan menurunnya mutu pelayanan, salah satunya masalah pengaruh insentif terhadap kerja pegawai, pimpinan organisasi harus memperhatikan prinsip keadilan dan kelayakan sesuai prosedur organisasi agar mencapai pegawai yang bermotivasi tinggi dan mencapai tujuan organisasi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemberian reward pengaruhnya terhadap mutu pelayanan pada Kantor Pusat Bank BNI di Jakarta Pusat”.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh nantinya berupa angka. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Pusat Bank BNI di Jakarta Pusat yang berjumlah 150 orang. Terkait hal penelitian, penulis menggunakan teknik Rumus Slovin. Dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka diambil sampel sebanyak 60 pegawai pada Kantor Pusat Bank BNI di Jakarta Pusat sebagai responden dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh Pemberian Reward (X) berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pelayanan (Y), karena nilai thitung untuk variabel X(Pemberian Insentif) sebesar 12.906, sedangkan nilai ttabel untuk n = 60 sebesar 2.000. Jadi 12.906 > 2.000, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Pemberian Reward (X) berpengaruh terhadap Mutu Pelayanan (Y). Sedangkan untuk nilai R Square sebesar 0.742 artinya bahwa pemberian reward memiliki pengaruh sebesar 74.2% terhadap mutu pelayanan sedangkan sisanya sebesar 25.8% berpengaruh dengan faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon, Riduwan. 2007. Rumusdan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian ,Suatu pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Bustami.2011.Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Departemen Kesehatan RI. 2003. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Dirjen. Bina Kesehatan Masyarakat. Jakarta.
Erlina, Sri Mulyani. 2007. Metodologi Penelitian, Medan: USU Press.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Hariandjaja. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Grasindo.
Hasibuan, Malayu S.P. 2012. “Manajemen Sumber Daya manusia”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
_______. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi. Aksara.
_______. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta. Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.
Jonathan, Sarwono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kadarisman, M. 2014. Manajemen Kompensasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo. Persada.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, Mudrajad. 2007. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_______. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Marjuni, Sukmawati. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Makassar: CV. Sah Media.
Mayangsari, Lia. 2013. Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Di Departemen Penjualan PT. Pusri. (Skripsi, Universitas Sriwijaya,2013).
Pohan, Imbalo, S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Purwoastuti, Endang dan Elisabeth Siwi Walyani. 2015. Mutu Pelayanan. Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Pustaka Baru Press.
Riduwan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: CV Alfabeta.
_______. 2011. Pengantar Statistika. Bandung: CV Alfabeta.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rivai, Veithzal dan Ella Sagala. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Rosita, Rahmi. 2014. Analisis Faktor Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Minat untuk Mereferensikan Politeknik Lp3i Jakarta - Kampus Bekasi. E-Journal WIDYA Ekonomika. Volume 1 Nomor 1.
Saleh, A Muwafik. 2010. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Samad, Abdul. 2014. “Examining the Impact of Perceived Service Quality Dimensions on Repurchase Intentions and Word Of Mouth: A Case from Software Industry of Pakistan”, Journal of Business and Management (IOSRJBM), Volume 16, Issue 1. Ver. III, PP 37-41.
Sedarmayanti. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Sekaran, U. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis 1. (4th ed). Jakarta: Salemba Empat.
Siagian. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Simamora, Henry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. cetakan pertama edisi ke tiga. Yogyakarta : STIE YKPN.
Sinambela, Litjan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik;Teori,Kebijakan dan. Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
_______. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujatmoko, Koko. 2007. Pengaruh Insentif terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan pada Departement Operasional Pemasaran Dunkin’s Donuts Cabang Arteri Jakarta. Artikel. Jakarta: USU Repository.
Sukmadinata, Nana Syaodih.2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta Utara : PT Raja Grafindo Persada.
Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta : Prenada Media Group.
Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.
_______. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Umar, Husein. 2013. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Gramedia.
Yani, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana. Media. Krismiaji.
DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i1.475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Feriandy Feriandy, Edi Riesnandar Wahyu, Giasnia Rika Nurry
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN : 2541-545X
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/