Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Pancasila Mojokerto Jawa Timur
Abstract
Fasilitas belajar adalah merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia untuk melancarkan kegiatan pendidikan di sekolah juga di sebut sarana prasaran sekolah. Kinerja guru merupakan elemen penting dalam pendidikan, selain itu juga merupakan penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Pancasila Mojokerto Jawa Timur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Total Sampling (Secara keseluruhan). Dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel secara keseluruhan, namun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh 30 orang populasi yang ada di jadikan seluruhnya ada 30 orang sampel.
Berdasarkan hasil analisa regresi bahwa ternyata variabel Fasilitas Belajar dapat meningkatkan Kinerja Guru diperoleh nilai Y = 6,100 + 0,834 X., ada pengaruh positif terhadap Kinerja Guru diperlukan pembuktian dengan dilakukannya uji hipotesis variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru diperoleh nilai thitung sebesar = 7,751 > nilai ttabel pada (28) sebesar = 1,701, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti mempunyai bukti, bahwa Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan hasil analisa terdapat pengaruh positif antara variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru diperoleh nilai sebesar 0,826 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruhnya kuat atau nilai Koefisien determinasinya (KD) sebesar : 68,2%. Jadi tingkat pengaruh antara variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru sebesar 68,2% dan sisanya sebesar 31,8% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak diamati oleh penulis secara keseluruhan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abas Eirjati, 2017, Magneit Keipeimimpinan Keipala Madrasah Teirhadap Kineirja Guru, (Jakarta: Badan Peineirbit PT Eileix Meidia Komputindo).
Azhar Arsyad, 2016, Meidia Peimbeilajaran. (Jakarta: Raja Grafindo Peirsada).
Darmadi Ahmad, 2018, Manajeimein Sumbeir Daya Manusia Keikeipalaseikolahan “Meileijitkan Produktivitas keirja keipala seikolah dan faktor-faktor yang meimpeingaruhi. (Yogyakarta: CV Budi Utama).
Ei. Mulyasa, 2016, Manajeimein Beirbasis Seikolah, (Bandung: Reimaja Rosyada Karya).
Hamzah B. Uno dan Nina Lameiteinggo, 2015, Teiori Kineirja dan Peingukurannya, (Bandung: Reimaja Rosdakarya).
Muhroji, 2017, Manajeimein Peindidikan. (Surakarta: FKIP UMS).
Popi Sopiatin, 2017, Psikologi Beilajar dalam Peirspeiktif Islam, (Bogor: Indoneisia).
Sahroni, Peingungkapan Corporatei Social Reisponsibility (CSR) Bank Umum Syariah Beirdasarkan Islamic Social Reiporting Indeix (Indeiks ISR). Vol. 4, No. 1. (2017).
Slameito, 2017, Beilajar dan faktor-faktor yang meimpeingaruhinya, (Jakarta: Rineika Cipta).
Sugiyono, 2018, Meitodei Peineilitian Administrasi, (Bandung: Alfabeita).
Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, 2018, Manajeimein Peindidikan, (Yogyakarta: Aditya Meidia beikeirjasama deingan Fakultas Ilmu Peindidikan Univeirsitas Neigeiri Yogyakarta).
Supardi, 2017, Kineirja Guru, (Jakarta, Rajawali Preis).
Wahyuningrum, 2016, Buku Ajar: Manajeimein Fasilitas Peindidikan, (Yogyakarta: AP FIP UNY).
DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i1.477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sani Mawarni, Ahmad Hilmy Jilan Madani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN : 2541-545X
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/