KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 KHUSUS TPI SOEKARNO HATTA

Ahmad Firdaus, Meirna Milisani, Akka Latifah Jusdienar, Joko Budiraharjo, Yulia Yulia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pengaruh layanan pembuatan paspor terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif, di mana satu atau lebih variabel diminta untuk menunjukkan hubungan antara variabel. Dalam penelitian ini, 75 karyawan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta terlibat. Variabel pelayanan pembuatan paspor (X) memiliki nilai thitung 23.369 dan nilai ttabel 1.992. Nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel 1.992. Akibatnya, dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0,000 dan probabilitas 0,000 di bawah 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan pembuatan paspor (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kesimpulan model, dengan nilai R Square sebesar 0,882, menunjukkan bahwa variabel pelayanan pembuatan paspor (X) memiliki pengaruh sebesar 88,2% terhadap Motivasi Kerja Pegawai (Y). Faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 11,8%.

Keywords


pelayanan pembuatan paspor, kepuasan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aditya, Tjiptjono. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.

Afandi, Pandi. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2018. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama

__________. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danang Sunyoto. 2012. Teori, Kuesioner, Dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktek Penelitian), Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Hasibuan, Melayu S.P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Amin. 2018. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju

Kuncoro, Mudrajat. 2011. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen: YKPN.

Kurniawan, Agung. 2015. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan

Marzuki. 2012. Metodologi Riset. Yogyakarta: Prasetya Widi Pratama.

Moenir, H.AS. 2019. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.

Ndraha, Taliziduhu. 2008. Metodologi Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

__________. 2012. Kybernologi Sebuah Rekonstruksi Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nooria, Widoningsih. 2008. Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras Husada Purworejo. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oei, Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama. Edisi Revisi.

Randall S. Schuler dan Susan E. Jackson. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke Enam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rivai, Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi.1, Cetakan.17 Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Henry. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY

Sinambela, Dr. Lijan Poltak. 2021. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, kebijakan dan implementasi). Jakarta: Bumi Aksara

Stephen P. Robbins., Mary Coulter. 2010. Manajemen. Edisi 10. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Subarsono, AG. 2016. Analisis Kebijakan Publik: Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Subekhi. Akhmad & Jauhar Mohammad. 2012. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

__________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

__________. 2018. Service Management Mewujudukan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i2.521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Firdaus, Meirna Milisani, Akka Latifah Jusdienar, Yulia Yulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ISSN : 2541-545X


Published by:

Universitas Mitra Bangsa

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/