KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI MODA RAYA TERPADU (MRT) JAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode angket untuk mendapatkan data mengenai kualitas pelayanan dengan mengukur indikator tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (kecepatan merespon), assurance (kepercayaan) dan empathy (empati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kualitas tangibles (bukti fisik) pelayanan MRT adalah 85% (tinggi), responsiveness (kecepatan merespon) layanan MRT adalah 89% (tinggi), tingkat reliability (keandalan) pelayanan MRT adalah 84% (tinggi), assurance (kepercayaan) adalah 61% dan empathy empati adalah 94% (tinggi). Secara keseluruhan rata-rata kualitas tingkat layanan MRT adalah 83% (tinggi). Untuk dapat memperoleh tingkat layanan yang lebih berkualitas maka PT MRT disarankan untuk memperbaiki dimensi assurance (kepercayaan) khususnya indikator jaminan keselamatan dengan menyediakan informasi yang lebih masif seputar fasilitas evakuasi darurat di stasiun MRT Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, S. V., Angraini, T. N., Firdaus, I. M., & Nurochman, T. (2023). Optimalisasi Standar Pelayanan Minimum Mass Rapid Transit(MRT). Public Service And Governance Journal, 4(2), 23–36.
Flora, M. (2019). 3 Keluhan Pengguna MRT yang Kini Tak Gratis Lagi. Liputan 6. Retrieved from https://www.liputan6.com/news/read/3933269/3-keluhan-pengguna-mrt-yang-kini-tak-gratis-lagi
Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Hidayah, F. N. (2023). Jumlah Kendaraan Bermotor di Jakarta Terus Meningkat dalam 5 Tahun Terakhir. Retrieved from GoodStats website: https://data.goodstats.id/statistic
Ismianingtyas, R., & Agustina, I. F. (2017). Kualitas Pelayanan Transportasi di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kabupaten Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(1), 125–140. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i1.1319
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.
Oktaria, D. S. (2020). Analisis Kebijakan Standar Pelayanan Minimum Bagi Pengguna Kereta Api MRT Jakarta. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 6(November), 4–5.
Rohman, C. (2022). Masyarakat Ingin Tetap Nyaman Saat Lintasi Stasiun Dukuh Atas. Antara News. Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/2978001/masyarakat-ingin-tetap-nyaman-saat-lintasi-stasiun-dukuh-atas
Sakti, A. (n.d.). MRT Mudah, Aman, dan Nyaman. Retrieved November 8, 2023, from Web MRT Jakarta website: https://jakartamrt.co.id/id
Suwandi, V. B. (2023). Sekarang Beli Tiket MRT Jakarta Pakai Apa? Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/
Tjiptono, F. (2014). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andy Offset.
Wirtz, J. (2021). Services Marketing: People, Technology, Strategy, 7th edition.
Yuniarti, A., & Aditya, T. (2020). Service Quality Terhadap Kepuasan Masyarakat Mass Rapid Transit (Mrt) DKI Jakarta Di Stasiun Lebak Bulus Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 10(2), 55–69. https://doi.org/10.33592/jiia.v10i2.840
DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i2.524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Selfiana Selfiana, Prihatina Jati, Sandy Ricky Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN : 2541-545X
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/






