PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN IMMI JAKARTA SELATAN

Teguh Rachmat Adiputra, Munir Azhari, Yenny Budiasih

Abstract


Penelitian ini didasarkan atas inisiatif dan inovasi pengembangan pelayanan mahasiswa di Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta Selatan. Dengan semakin majunya jaman teknologi saat ini mewajibkan STIMA IMMI untuk mengimbangi kemajuan jaman dan meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa agar memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui Pengaruh positif Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Manajemen IMMI. Dan untuk mengetahui besar atau kuatnya pengaruh Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Manajemen IMMI. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari uji koefisien korelasi didapatkan nilai R sebesar 0.863 dan nilai R Square sebesar 0.744, yang menandakan bahwa Kualitas Pelayanan Akademik memiliki pengaruh yang sangat kuat dan sebesar 74.4% terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta Selatan. Dan dari hasil uji T didapatkan nilai t hitung sebesar 23.092 dan t table sebesar 1.653 yang menandakan bahwa Kualitas Pelayanan Akademik memiliki pengaruh yang positif terhadap Kepuasan Mahasiswa pad Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta Selatan.


Keywords


Tingkat Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abror. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. TINGKAP. 7 (2),hlm.127-129.

Akdon. (2014). Aplikasi Statistik dan Metode Penelitian untuk Administrasi Pendidikan & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.

Alma, B. & Hurriyati, R. (2018). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S.

Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Asril, Z. (2010). Micro Teaching. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Budiningsih, A. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Engkoswara. (2017). Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Depdikbud Jakarta.

Guntur, E.M. (2013). Transformasi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Sagung Seto.

Hasan, M.I. (2012). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.

Mahmud, M. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Margono, S. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moenir. (2016). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. (2012). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v18i2.525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Teguh Rachmat Adiputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ISSN : 2541-545X


Published by:

Universitas Mitra Bangsa

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/