PENGARUH IKLAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA

Agus Sri Iswiyanti, Stanty Aufia Rachmat, Widya Nengsih, Kemal Akbar

Abstract


Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi dampak iklan dan pengaruh percakapan elektronik terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.Metode penyelidikan pada penulisan ilmiah apakah kuantitatif menggunakan sumber data primer dengan penyebaran kuesioner kepada 115 responden. Teknik penetapan responden digunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan SPSS 26. Pada Teknik analisis dilakukan Periksa instrumen. penelitian, seperti pemeriksaan validitas dan reliabilitas; uji asumsi klasik, seperti uji heteroskedastisitas, normalitas, dan multikolonieritas; regresi linier berganda; dan koefisien determinasi t (parsial), f (simultan), dan fHasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia, dan omong kosong elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia secara bersamaan.Kata Kunci: iklan, elektronik dari mulut ke mulut, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Fibrianti, Karina. 2021. Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Persepsi Harga, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. Skripsi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis MULTIVARIATE dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Halim, Fitria. dkk. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis. Tersedia dari Zlibrary database.

iprice. 2021. Peta E-Commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/. (20 Desember 2022).

Juni, Doni. 2016. Pengaruh E-WOM dan Persepsi Nilai terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja Online di Lazada. Ecodemica. 4(1): 117 - 124.

Kotler, P., Keller, K. L. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jakarta: Erlangga.

Muharram, Husni. dkk. 2018. Manajemen Pemasaran. Medan: CV. Manhaji. Tersedia dari Zlibrary database.

Qurrota, R. Hurriyati, R., & Dewi, P. (2021). Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e-commerce dalam menghadapi era digital 4.0 di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mulawarman. 17(1): 136-143.

Setiaman, Sobur. 2020. Merancang Kuesioner Untuk Penelitian. PPNI Qatar. Tersedia dari Zlibrary database.

Setiaman, Sobur. 2020. Uni Indenpedensi dengan SPSS Versi 26. PPNI Qatar. Tersedia dari Zlibrary database.

Soinbala, R., & Bessie, J. 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) melalui Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial. 1(1): 65 - 83.

Syahrum. & Salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media. Tersedia dari Zlibrary database

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Widhi, A. & Puspitaningtyas, Z. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yoyakarta: Pandiva Buku. Tersedia dari Zlibrary database.

Widyastuti, S. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Selatan: Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila. Tersedia dari Zlibrary database.

Wijaya, Tommi. 2014. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Worldometer. 2022. Reported Cases and Deaths by Country or Territory. https://srv1.worldometers.info/coronavirus/. (18 Desember 2022




DOI: https://doi.org/10.46975/aliansi.v19i1.560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agus Sri Iswiyanti, Stanty Aufia Rachmat, Widya Nengsih, Kemal Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ISSN : 2541-545X


Published by:

Universitas Mitra Bangsa

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/