PEMAPARAN BAGI GENERASI MUDA SEBAGAI WIRAUSAHA MILENIAL INOVATIF DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN
Abstract
Abstrak
Koramil 03 terletak di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Komunikasi sosial yang dilakukan oleh Koramil 03 Pasar Minggu di wilayah tugasnya sangat berperan sebagai sarana komunikasi untuk menjaga dan meningkatkan hubungan baik antara Koramil 03 Pasar Minggu dengan elemen masyarakat. Mengenai tujuan dan manfaat dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menjalin kounikasi sosial dengan memberikan pengarahan bagi generasi muda untuk menjadi wirausaha milenial yang inovatif dan berwawasan terhadap bangsa kepada komponen masyarakat yang berada di sekitar koramil 03 Pasar Minggu. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan penyuluhann dan pemaparan kepada para peserta mengenai pemahaman tentang pengembangan komunikasi bisnis, berwirausha yang inovatif dan pentingnya berwawasan tentang berkebangsaan.
Kata kunci: Koramil; Masyarakat.; Penyuluhan; Inovatif
Abstract
Koramil 03 is located in Pasar Minggu District, South Jakarta. Social communication carried out by Koramil 03 Pasar Minggu in its working area plays a very important role as a means of communication to maintain and improve good relations between Koramil 03 Pasar Minggu and elements of the community. Regarding the goals and benefits of this community service, it is to establish social communication by providing guidance for the younger generation to become millennial entrepreneurs who are innovative and insightful towards the nation to the community components around the Koramil 03 Pasar Minggu. The method used is to provide counseling and presentation to the participants regarding the understanding of the development of business communication, innovative entrepreneurship and the importance of having an insight into nationality.
Keyword: Koramil; People; counselin; Innovative
Full Text:
PDFReferences
Nurdin, N. (2018). Wawasan Kebangsaan, Komitmen Negara, dan Nasionalisme dalam Pandangan Prof. Dr. KH Ali Mustafa Yaqub, MA. Jurnal Bimas Islam, 11(1), 105-134.
Effendy, A. A., Mas’adi, M., Wicaksono, W., Nurhadi, A., & Murtiyoko, H. (2020). Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul Di Era Globalisasi Dengan Berbekal Ilmu Wirausaha Yang Kreatif, Inovatif Dan Diferensiatif Pada Remaja Masjid Al Hikmah Reni Jaya Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 8-15.
Rusnaini, R. (2010). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN WAWASAN KEBANGSAAN MENUJU VISI INDONESIA 2025. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(2).
Winangsih, N. (2000). Komunikasi Bisnis Antarbudaya dalam Era Globalisasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 1(1), 41-46.
KARTINI, K. (2018). Peranan Komunikasi Sosial dalam Pelaksanaan Tugas Babinsa Wilayah Koramil 02 Kodim 1421. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(2), 310-329.
Muttaqin, Z., & Murtadho, M. A. (2011). Perancangan Pusat Komunikasi Bisnis UMKM Berbasis Sistem Terintegrasi. In Seminar Nasional Competitive Advantage (Vol. 1).
Ayuni, R., Meirani, M., Helmarini, H., Martiah, A., & Duharman, D. (2022). PENYULUHAN TENTANG MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA DI KALANGAN REMAJA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER WIRAUSAHA YANG KREATIF DAN INOVATIF. Batara Wisnu: Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 81-84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
e-mail : [email protected] / [email protected]
Website: www.umiba.ac.id