KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA OUTSOURCING PADA PT. BINTANG PERKASA SURYA WIDYA LAKSANA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Strategi
Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Outsourcing Pada PT. Bintang Perkasa Surya Widya
Laksana.
Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang
dilakukan adalah: Uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi,
uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien
determinasi (R
2
). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kusioner, dan
data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 62 responden. Metode pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus slovin. Alat bantu pengujian yang digunakan
adalah SPSS Versi 25.0, 2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) memiliki pengaruh
nilai signifikansi sebesar 0,035 < 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabel (2,154 > 1,660) maka dapat
dinyatakan variabel X1 memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kepuasan
Pelanggan (Y), variabel Harga (X2) memiliki pengaruh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan
thitung lebih besar dari ttabel (7,750 > 1,660) maka dapat dinyatakan variabel X2 memiliki pengaruh
positif dan signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), variabel Strategi Promosi (X3)
memiliki pengaruh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabel (5,102 >
1,660) maka dapat dinyatakan variabel X3 memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial
terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dan variabel X1, X2 dan X3 memiliki pengaruh nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel (444,869 > 2,753) maka dapat dinyatakan
variabel X1, X2 dan X3 memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Kepuasan
Pelanggan (Y) serta variabel X1, X2 dan X3 memberikan pengaruh terhadap variabel Y sebesar
95,60% sedangkan sisanya yaitu 4,40% dipengaruhi oleh variabel lain seperti variabel biaya, tempat,
distribusi, emosional dan lain lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini..
Kesimpulan variabel Kualitas Pelayanan, Harga dan Strategi Promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Outsourcing Pada PT. Bintang Perkasa Surya Widya
Laksana.
Full Text:
PDFReferences
Basu, Swastha dan Irawan. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit
Liberty. Bob Sabran. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2, ed. 13. Jakarta: PT.
Erlangga.
Fandi, Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta: Andi.
Hanafi, Mamduh M. (2013). Manajemen Keuangan, Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition.
Pearson. Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15
th
Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT.
Alfabeta.
Referensi Jurnal/Karya Ilmiah/Majalah Ilmiah:
Adisetiawan, R. (2017). Performance Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari
Jambi, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari, 14(3), 1-10.
Irmayanti Hamidah dan Rony Ika Setiawan. (2014). Pengaruh Promosi dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian untuk Meningkatkan Penjualan Motor Merek
Honda Tipe Vario (Studi Kasus Pada PT. Mitra Pinasthika Mustika, Tbk). Jurnal Riset
Mahasiswa Ekonomi ISSN: 2407-2680 STIE Kesuma Negara Blitar.
Luta, L. Syah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan
Pelanggan Pada CV. Amrita Tour Kediri. Jurnal Simki-Economic Vol. 02 No. 02 Tahun 2018
ISSN : 2599-0748.
Nova Juwita Hersanti dan Kusuma Ratnawati. (2012). Pengaruh Atmosfer Terhadap Kepuasan
Pelanggan di Distro Inspired Kota Malang. Universitas Brawijaya, Jurnal Pendidikan
Manajemen, Vol 5, No 2, Hal 34-50.
Sulastri, Darsih. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Toko Beras Hidayah Cikarang). Skripsi,
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Pelita
Bangsa Bekasi.
DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v5i1.164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/