ANALISA LAYANAN SISTEM INFORMASI DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI BANDARA SOEKARNO HATTA

Zaharuddin Zaharuddin, Dayatullah Dayatullah, Prastyo Prastyo, Ade Puspita Saripatulhusna, Aan Hidayat, Alfi Fajriyanti

Abstract


Kinerja dalam lingkup organisasi adalah hasil kerja yang telah dicapai oleh suatu organisasi dalam melakukan suatu pekerjaan dapat dievaluasi tingkat kinerjanya. Berhasil tidaknya tujuan dan cita-cita dalam organisasi tergantung bagaimana proses kinerja itu dilaksanakan.

Penelitian ini dilakukan untuk 1) mengetahui dan menganalisis besar pengaruh layanan sistem informasi terhadap kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta, 2) mengetahui dan menganalisis besar pengaruh pengawasan terhadap kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta, dan 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan sistem informasi dan pengawasan secara bersama- sama terhadap kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta.

Penelitian ini menggunakan metode korelasi untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta berjumlah 129 orang dan yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 56 orang. Setiap responden diberikan pertanyaan dengan menggunakan skala Likert.

Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh layanan sistem informasi terhadap kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta sebesar 16,1%; 2) terdapat pengaruh pengawasan terhadap kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta sebesar 29,9%; 3) terdapat pengaruh layanan sistem informasi dan pengawasan  secara bersama-sama terhadap kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta sebesar 49,2%.


Full Text:

PDF

References


Abd. Basid. 2017. Pengaruh pengawasan dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai Puskesmas Anjir Muara di Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Berkala Kesehatan, Vol. 3, No. 1, Mei 2017: 39-49

Alfatasya Nadea Bachtiar, Epi Fitriah, Epi Fitriah. 2018. Pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi manajemen dan desentralisasi terhadap kinerja manajerial. Spesia Vol.4 No. 2

Arikunto, Suharsini. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaizi Nasucha. 2014. Reformasi Administrasi Publik, Teori dan Praktik. Jakarta: Grasindo.

Fahmi, Irfan. 2013. Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi dan Kasus. Bandung: Alfabeta

Giyanto. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Grand Jaya Raya Resort & Convention Hotel Cipayung Bogor. BIJAK Volume XIII, No. 01, Maret 2016 Majalah Ilmiah Institut STIAMI ISSN 1411-0830

Handoko, T. Hani. 2013. Manajemen; Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas, BPFE.

Imfita Nur Rosidah, Anik Malikah, Junaidi. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Individu Pengguna Sistem Informasi Menggunakan Model DeLone dan McLean (Studi Kasus pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi di PT Pegadaian (persero) Cabang Pembantu Singosari Cabang Pembantu Singosari). E-JRA Vol. 07 No. 04 Agustus 2018

Istianingsih dan Setyo Hari Wijanto. 2008. Pengaruh Kualitas Sistem informasi, Kualitas Informasi, dan Percived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Software Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi IX, Pontianak

Lukiyana dan Firman Davi Firdaus. 2017. Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Bagian Gudang pada PT. Sarijasa Transutama Jakarta. BIJAK. Volume 14, No. 02,September 2017 Majalah Ilmiah Institut STIAMI ISSN 1411-0830

Manullang, M. 2015. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Mehdi Khosrow-Pour. 2010. Encyclopedia of E-Commerce, E- Government, and Mobile Commerce. Idea Group Reference. London.

Nasucha, C. 2014. Reformasi Administrasi Publik. Jakarta: PT. Grasindo.

Paisal Halim. 2017. Patient Satisfaction Level at Local General Hospital in Mamuju Regency, Indonesia. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN: 2319- 7064

Reksohadiprodjo Sukanto, Indriyo Gitosudarmo. 2014. Manajemen Produksi, Edisi Keempat Yogyakarta: BPFE

Rita Wahyuni. 2018. Pengaruh Pengawasan Internal dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Politeknik LP3I Jakarta). Majalah Ilmiah BIJAK ISSN 1411-0830 Vol. 15, No. 1, Maret 2018

Sarwoto. 2011. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Silaen, Sofar dan Widiyono. 2013. Metode Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: In Media.

Sinambela, Litjan Poltak, dkk. 2012. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siswandi dan Indra Iman. 2011. Aplikasi Manajemen Perusahaan. Edisi ke-3. Jakarta: Mitra Wicana Media.

Sobandi. 2012. Pengukuran Kinerja Karyawan, Rineka Cipta, Jakarta.

Sonia, Jihan. 2019. Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Akuntansi, Pengawasan Internal dan Reward Terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Bekerja Sebagai Variabel Moderating di Kabupaten Serdang Bedagai. Institusi Universitas Sumatera Utara.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Venia Agustines Tananjaya. 2012. Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Keberhasilan Implementasi Software Akuntansi. Jurnal Akuntansi: Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi – Vol. 1, No. 3, Mei 2012

Wibowo. 2015. Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v4i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/