ANALISIS PENGGUNAAN METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI SE KECAMATAN CIBUAYA KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengguna metode dan media pembelajaraan
terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang.
Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling (n = 48), dan teknik analisis data
menggunakan Korelsi dan Regresi dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penggunaan metode berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (t hitung = (4,966, p
< 0,05). Media Pembelajaraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (t hitung
= 10,290, p < 0,05). Penggunaan Metode dan Media Pembelajaraan secara simultan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (F hitung = 213,068, p < 0,05). Kontribusi Penggunaan
Metode dan Media Pembelajaraan terhadap peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan oleh nilai
Adjusted R Square sebesar 0,804 atau (80,4%). Sisanya sebanyak 19,6 % dipengaruhi oleh variabel
lain. Implikasi penelitian ini adalah harus ada kebijakan kepala sekolah dalam upaya peningkatan
penggunaan metode dan media pembelajaraan. Untuk perbaikan hasil belajar siswa dan Hasil Belajar
Siswa ditingkatkan melalui program pendidikan, dan penelitian.
Full Text:
PDFReferences
A.M.,Sardiman, 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo. Persada:
Jakarta.
Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya,
Jakarta: Rajawali Press.
Daradjat, Zakiah, 2012, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. X, Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineka
Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1998. Metodologi Research. Yogyakarta : BPFE UGM.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia
Indonesia,
Bogor, 2022
I Gede Widja. 1989. Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.
Isriani Hardini. 2012. Strategi Pembelajaran. Terpadu. Yogyakarta:FAMILIA
M. Sobry Sutikno.2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Mardianto.2012. Pembelajaran Tematik. Medan: Perdana Publishing, Moeslichatoen. 2004.
Metode
engajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Masitoh dan Laksmi Dewi, 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta, Direktorat Jendral.
Pendidikan
Islam.
Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Ngalim Purwanto, 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja. Karya.
Roestiyah N K, 1989, Proses belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaraan. Bandung: Alfabeta.
Salminawati, 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Sanjaya, Winna. (2008) Strategi Pembelajaraan Berorientasi Standar Proses Pendidikan,
Jakarta :
Kencana Prenada Media Group.
Santoso, I., & Madiistriyanto, H. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Indigo
Media.
Sudirman, et al. 1991. Ilmu Pendidikan. Bandung : Pt Remaja Rosda. Karya,
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprihatiningsih. 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program. Keterampilan.
Yogyakarta:
Deepublish.
Syarifudin, Tatang. (2009). Landasan Pendidikan. Bandung: Percikan Ilmu
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam
KTSP.
Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.46975/.v6i1.181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/