PENGARUH DISKON DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Diskon dan Kualitas Produk Terhadap
Impulse Buying Konsumen pada E-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan dua
variabel bebas yaitu Diskon (X1), Kualitas Produk (X2) dan satu variabel terkait yaitu Impulse
Buying (Y), dengan menggunakan data kuantitatif dengan cara penyebaran kuesioner terhadap
100 responden.
Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dan teknik
pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), tahap uji yang dilakukan adalah NonProbability
Sampling dengan menggunakan pendekatan Purposive Sampling. Metode analisis
yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji T dan uji F, koefisien
determinasi. Data yang dikumpulkan akan diuji menggunakan bantuan aplikasi Sostware SPSS
versi 25.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Diskon tidak berpengaruh signifikan terhadap
impulse buying (2) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (3) Diskon
dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap impulse buying.
Full Text:
PDFReferences
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Diskon dan Kualitas Produk Terhadap
Impulse Buying Konsumen pada E-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan dua
variabel bebas yaitu Diskon (X1), Kualitas Produk (X2) dan satu variabel terkait yaitu Impulse
Buying (Y), dengan menggunakan data kuantitatif dengan cara penyebaran kuesioner terhadap
responden.
Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dan teknik
pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), tahap uji yang dilakukan adalah NonProbability
Sampling dengan menggunakan pendekatan Purposive Sampling. Metode analisis
yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji T dan uji F, koefisien
determinasi. Data yang dikumpulkan akan diuji menggunakan bantuan aplikasi Sostware SPSS
versi 25.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Diskon tidak berpengaruh signifikan terhadap
impulse buying (2) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (3) Diskon
dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap impulse buying.
Putra, A. P., & Adam, M. (2020). PENGARUH SHOPPING ENJOYMENT TERHADAP
IMPULSE BUYING DENGAN PRODUCT BROWSING SEBAGAI VARIABEL
MEDIASI PADA KONSUMEN SHOPEE ONLINE SHOP (STUDI PADA
MAHASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH). Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5, 52-61.
Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). PENGARUH DISKON TERHADAP
MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN.
Administrasi Bisnis, 38, 184-193.
Putra, Y. P., & Kusuma W, N. I. (2021). IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE
TOKOPEDIA DIMASA PANDEMI. Ilmu Administrasi dan Manajemen, 1-8.
Putri, & Suryanto, A. (2019). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PEMBELIAN IMPULSIF
PADA SHOPEE. e-Proceeding of Management, 6, 5510-5516.
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping
Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce
Shopee. Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1-11.
DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i1.183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/