PENGARUH DISKON DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA

Almas Sabina Awaliyah, Agus Sri Iswiyanti, Stanty Aufia Rachmat, Ahmad Fajar Sidiq

Abstract



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Diskon dan Kualitas Produk Terhadap
Impulse Buying Konsumen pada E-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan dua
variabel bebas yaitu Diskon (X1), Kualitas Produk (X2) dan satu variabel terkait yaitu Impulse
Buying (Y), dengan menggunakan data kuantitatif dengan cara penyebaran kuesioner terhadap
100 responden.
Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dan teknik
pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), tahap uji yang dilakukan adalah NonProbability

Sampling dengan menggunakan pendekatan Purposive Sampling. Metode analisis
yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji T dan uji F, koefisien
determinasi. Data yang dikumpulkan akan diuji menggunakan bantuan aplikasi Sostware SPSS
versi 25.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Diskon tidak berpengaruh signifikan terhadap
impulse buying (2) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (3) Diskon
dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap impulse buying.

 


Full Text:

PDF

References


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Diskon dan Kualitas Produk Terhadap

Impulse Buying Konsumen pada E-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan dua

variabel bebas yaitu Diskon (X1), Kualitas Produk (X2) dan satu variabel terkait yaitu Impulse

Buying (Y), dengan menggunakan data kuantitatif dengan cara penyebaran kuesioner terhadap

responden.

Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dan teknik

pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), tahap uji yang dilakukan adalah NonProbability

Sampling dengan menggunakan pendekatan Purposive Sampling. Metode analisis

yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji

multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji T dan uji F, koefisien

determinasi. Data yang dikumpulkan akan diuji menggunakan bantuan aplikasi Sostware SPSS

versi 25.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Diskon tidak berpengaruh signifikan terhadap

impulse buying (2) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (3) Diskon

dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap impulse buying.

Putra, A. P., & Adam, M. (2020). PENGARUH SHOPPING ENJOYMENT TERHADAP

IMPULSE BUYING DENGAN PRODUCT BROWSING SEBAGAI VARIABEL

MEDIASI PADA KONSUMEN SHOPEE ONLINE SHOP (STUDI PADA

MAHASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH). Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5, 52-61.

Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). PENGARUH DISKON TERHADAP

MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Administrasi Bisnis, 38, 184-193.

Putra, Y. P., & Kusuma W, N. I. (2021). IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE

TOKOPEDIA DIMASA PANDEMI. Ilmu Administrasi dan Manajemen, 1-8.

Putri, & Suryanto, A. (2019). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PEMBELIAN IMPULSIF

PADA SHOPEE. e-Proceeding of Management, 6, 5510-5516.

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping

Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce

Shopee. Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1-11.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i1.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/