PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SOMETHINC

Angel Claudia Sinuraya, Agus Sri Iswiyanti, Hadi Mulyo Wibowo, Widya Nengsih

Abstract


Tujuan penelitian ilmiah yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas produk, citra merek dan electronic word of mouth secara parsial dan
simultan terhadap keputusan pembelian pada skincare Somethinc.

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dalam
bentuk Google Formulir yang disebarkan kepada 100 orang responden. Populasi yang
menjadi objek dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna skincare Somethinc.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden
berasal dari semua golongan dengan batasan usia 17 tahun ke atas meliputi pelajar,
mahasiswa, karyawan, pegawai negeri dan lainnya yang menjadi pengguna skincare
Somethinc. Alat analisis yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, diporelah kesimpulan bahwa
dua dari variabel independen yang terdiri dari kualitas produk dan electronic word of mouth
secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan terdapat satu variabel
independen yang terdiri dari citra merek yang secara parsial tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian. Kemudian, secara simultan ketiga variabel independen yang terdiri dari
kualitas produk, citra merek, electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Astuti, N. R., & Nurtantiono, A. (2021, Januari). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan

Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Nature Leaf Pada Remaja di

Surakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(1), 20-31.

Atika, Kusumawati, A., & Iqbal, M. (2016, Maret). The Effect Of Electronic Word Of

Mouth, Message Source Credibility, Information Quality On Brand Image and

Purchase Intention. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 20(1), 94-108.

Basu, S., & Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern Edisi 2. Yogyakarta: Liberty.

Buchori, A., & Djaslim, S. (2010). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Bandung: CV.

Linda Karya.

Ghozali. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi 4) . Semarang :

Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Semarang : Badan

Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (Edisi 8).

Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 . Semarang:

Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 1. Yogyakarta : BPFE.

Husein, U. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis . Jakarta : Rajawali.

J. Setiadi, N. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan

Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

J. Setiadi, N. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana Prenada Media Group .

Joesyiana, K. (2018, April). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen Pada Media Online Shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71-85.

Kotler, P. (1995). Manajemen Pemasaran . Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip - Prinsip Pemasaran Jilid I Edisi XIII.

Diterjemahkan oleh Bob Sabran . Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Indeks.

Lesaman, R., & Dara Ayu, S. (2019, Juni). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek

Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT. Paragon Tehnology and

Innovation. 2(3), 59-72.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah . Jakarta :

Kencana.

Ong, A. I., & Drs Sugiharto, S. M. (2013). Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra

Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di

Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-11.

Orville, M. J., Larreche, J.-C., & Boyd, H. W. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta:

Erlangga.

Purba, R. (2006). Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis. The Asian

Manager.

Rahardika Putri, S., & Hadi, M. (2021, Juni). Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening Body Lotion Pada Mahasiswa di

Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 121-124.

Rawung, D., Oroh, S., & Sumarauw, J. (2015, September). Analisis Kualitas Produk, Merek

dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Shuzuki pada PT. Sinar

Galesong Pratama Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 1298-1308.

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap

Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen

Magister, 3(1), 96-106.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT.

Alfabet.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi

Offset.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v6i1.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 Published by:

Universitas Mitra Bangsa 

Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan

Telp: (021) 7817823  Fax: (021) 7815144

Website: https://umiba.ac.id/