PENGARUH PLATFORM MEDIA SOSIAL “X” TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI REKSADANA DI APLIKASI BIBIT PADA GENERASI MILENIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh platform media sosial "X" terhadap keputusan investasi reksadana di Bibit pada generasi milenial. Dalam penelitian ini, sebanyak 95 responden yang merupakan bagian dari generasi milenial dipilih melalui metode penyebaran kuesioner online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi untuk menguji hipotesis mengenai hubungan antara penggunaan media sosial "X" dan keputusan investasi reksadana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan platform media sosial "X" terhadap keputusan investasi reksadana di Bibit. Faktor-faktor seperti informasi yang diperoleh dari platform, interaksi dengan komunitas pengguna, dan rekomendasi investasi yang tersedia di media sosial "X" memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan investasi responden. Temuan ini menegaskan bahwa media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung keputusan investasi bagi generasi milenial.
Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola platform investasi seperti Bibit untuk lebih mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana edukasi dan promosi, serta bagi pengembang platform media sosial "X" untuk menyediakan konten yang relevan dan kredibel yang dapat membantu pengguna dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik.
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. (2019) Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Prenada Media.
Astuti, R., Kartawinata, B. R., Nurhayati, E., dkk (2022) Manajemen Keuangan Perusahaan. Widina
Dezianti, D. A. N. (2020) Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millenial. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Firdhausa, Findri dan Rani Apriani. (2021) Pengaruh Platform Media Sosal Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasal Modal. Jurnal Supremasi Hukum, Vol. 17 Nomor 2, Juli 2021.
Hasan, S., Elpisah, E., Sabtohadi, J., Nurwahidah, M., Abdullah, A., & Fachrurazi, F. (2022). Manajemen Keuangan. Penerbit Widina.
Hasanah, E. (2021) Metodologi Penelitian Pendidikan. UAD PRESS.
Irfani, A. S. (2020) Manajemen Keuangan dan Bisnis; Teori dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama.
Kartika, Nining dan Siska Yuningsih. (2021) Pengaruh Kualitas Informasi dalam Media Instagram @nusatalent terhadap Citra Nusa Talent. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. E-ISSN : 2745-6080.
Kotler, Philip. (2012) Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.
Luthfiyah. Azura; Chica Martia, Fitri Nurhasanah. (2021) ”Pengaruh Platform Media Sosal Terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal”. Jurnal Pendidikan Tambusai Halaman 10869-10875 Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021 ISSN: 2614-3097(online)
Nita., Pratama, K. S., Veronika, J., Satri, O. Y., Wahyuni, S., Ardila, B., Oktriani, R., Pratama, A. S., Perdana, G., Saputra, W. A., Diwi, M. A., Lestari, R. P., Nadila, M., Thahara, A., Hardian, W. P., Silvana, R. D., Nasution, E. A. J., Ellita., & Saputra, B. (2023) Pentingnya Ilmu Komunikasi Pada Era 4.0: Bunga Rampai. Penerbit Berseri.
Pamungkas, A. S., Budiono, H., Wiyanto, H., & Widjaya, H. (2019) Pelatihan Pengenalan Investasi Reksadana Untuk Pelajar SMK Ariya Metta. Sabdamas, 1(1), 133-140.
Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021) Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Prenada Media.
Sari, D. P. (2022) Pengaruh Kualitas Informasi Sosial Media Instagram dan Pengetahuan Investasi Saham terhadap Minat Investasi Saham Investor dan Calon Investor Melalui Perusahaan Tanam Duit pada Bursa Efek Indonesia. Disertasi tidak diterbitkan. Jakarta : Program Sarjana IBI Kwik Kian Gie
Sri Handini, M. M., & Erwin Dyah Astawinetu, M. M. (2020) Teori portofolio dan pasar modal Indonesia. Scopindo Media Pustaka.
Sri Handini, M. M. (2020). Buku Ajar: Manajemen Keuangan. Scopindo Media Pustaka.
Tempo.com. (2017, April 30). Di Dunia Maya, Generasi Millenial Lebih Memilih Main Media Sosial(Online): (https://gaya.tempo.co/read/870928/di-dunia-maya-generasi-millenial lebih-memilih-main-media-sosial, diakses 9 Juli, 2024)
Temy, Evlin, Leonardo, et al. (2023) Artificial Intelligence dalam Perspektif Akuntansi. Jejak Pustaka
Triwijayati, A., & Koesworo, Y. (2006) ”Studi Sikap Dan Niat Konsumsi Jamu Pahitan Di Surabaya”. Jurnal Widya Manajemen Dan Akuntansi, 6 (1), 17–41
Violeta, J., & Linawati, N. (2019) ”Pengaruh Anger Traits, Anxiety Traits, Dan Faktor Demografi Terhadap Keputusan Investasi”. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 89– 96.
Weller, K., Bruns, A., Burgess, J., Marth, M., & Puschmann, C. (2014) ”Twitter and Society”. The Journal of Media Innovations, 1(1), 134– 137. https://doi.org/10.5617/jmi.v1i1.825
DOI: https://doi.org/10.46975/ebp.v7i2.585
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
Website: https://umiba.ac.id/