PELATIHAN MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KELURAHAN PEJATEN BARAT – PASAR MINGGU
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan dari Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat guna berpartisipasi membangun bangsa.
Pemasaran merupakan ilmu yang sangat penting untuk dikuasai guna memulai bisnis. Melalui ilmu pemasaran yang dikuasai membuat proses membangun bisnis menjadi lebih terarah dan sistematis, sehingga diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal. Melalui ilmu pemasaran diharapkan setiap pebisnis mampu menangkap dan memanfaatkan setiap peluang yang terbuka untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan guna meningkatkan kesejahteraan.
Pemasaran digital merupakan langkah strategis dalam pemasaran. Sejak era pandemic, perkembangan teknologi dan digital sangat pesat, sehingga perlahan dan pasti hampir semua bidang bisnis berupa mendigitalisasikan produknya dan bekerjasama dengan online shop. Dengan memaksimalkan jaringan pada setiap online shop dan media sosial diharapkan proses pemasaran dan promosi dapat berjalan dengan pesat dan sangat baik. Semangat merupakan modal yang sangat berharga untuk memulai bisnis. Untuk memulai bisnis dibutuhkan semangat yang kuat, diawali dari niat dan pengetahuan pemasaran serta berani memulai pantag menyerah. Dengan demikian jika hal tersebut dimiliki oleh pebisnis maka potensi kesuksesan akan sangat besar.
Kata Kunci : Pemasaran dan Pemasaran Digital
Abstrack
Community service activities are one of the activities of the Tridarma of Higher Education that must be carried out by lecturers and students. This activity is a form of community service to implement the knowledge gained to participate in building the nation.
Marketing is a very important science to master in order to start a business. Through the marketing knowledge that is mastered, the process of building a business becomes more focused and systematic, so that it is expected to get maximum results. Through marketing science, it is hoped that every businessman will be able to capture and take advantage of every opportunity that is open to be used as something useful and productive in order to improve welfare.
Digital marketing is a strategic step in marketing. Since the pandemic era, technological and digital developments have been very rapid, so slowly and surely almost all business fields are in the form of digitizing products and communicating with online stores. By maximizing the network in each online store and social media, it is hoped that the marketing and promotion process can run quickly and very well.
Passion is a very valuable capital to start a business. Starting a business requires a strong spirit, starting from the intention and knowledge of marketing and the courage to start without giving up. Thus, if it is owned by a businessman, the potential for success will be very large.
Keywords : marketing and digital marketing
Full Text:
PDFReferences
Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Tjiptono Fandy, Diana Anastasi. 2016, Pemasaran “Esensi & Aplikasi”. CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Manap, Abdu. (2016), Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media, Jakarta.
Langga, L., & Se, H. (2022). Pelatihan Manajemen Kewirausahaan sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM di Kecamatan Kota Baru Kabupaten Ende. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 6(1), 48-54. http://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/view/841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
e-mail : [email protected] / [email protected]
Website: www.umiba.ac.id