PELATIHAN UNTUK MENCIPTAKAN DAN MENGEMBANGKAN USAHA BARU DI BIDANG UMKM, KORAMIL 03 – PASAR MINGGU
Abstract
Abstrak
Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi suatu negara. Keberadaan UMKM akan memberiakan sumbangsi terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu negara. UMKM muncul dari orang-orang yang memiliki inisitif dan keberanian dalam mendirikan usaha atau bisnis. Jumlah UMKM di Indonesia terus mengalami peningkatan termasuk di provinsi gorontalao khususnya di desa Bilungo. Banyak potensi yang ada di desa Bilungo yang bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi kegiatan bisnis atau usaha. Untuk menciptakan peluang usaha baru maka diperlukan orangorang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnisnya.Pengabdian ini bertujuan untuk memberiakan motivasi kepada masyarakat agar tertatik untuk mengembangkan potensi yang dimilinya agar dapat menciptakan dan mengembangkan kegiatan usaha atau bisnis baru.
Kata Kunci: Covid-19; UMKM; Masyarakat
Abstrack
Micro small and medium enterprises (SME) have an important role for a country. The existence of SME will contribute to increasing the growth and development of a country's economy. SME arise from people who have the initiative and courage in establishing a business or business. The number of SME in Indonesia continues to increase, including in the province of Gorontalao, especially in the village of Bilungo. There is a lot of potential in Bilungo village that can be utilized to be processed into business or business activities. To create new business opportunities, creative and innovative people are needed in developing their business. This service aims to motivate the community to be interested in developing their potential in order to create and develop new business or business activities.
Keywords Covid-19; SME; Public
Full Text:
PDFReferences
Alfianto, Eko Agus. 2012. “Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat” 1: 33–42.
Ananda, D, A & Dwi Susilowati. 2017. “Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah(Umkm) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang” X: 120–42..
Kristiyanti, Mariana, Fakultas Ekonomi, and Universitas Aki. 2016. “Usaha Mikro Dan UKM Dalam Perekonomian Indonesia.”
Margahana, Helisia & Eko Triyanto. 2019. “Membangun Tradisi Entrepreneurship PadaMasyarakat” 03 (02): 300–309.
Suwinardi. 2018. “Langkah Sukses Memulai Usaha” 14 (3): 195–201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Mitra Bangsa
Jl. Tanjung Barat No. 11 Jakarta Selatan
Telp: (021) 7817823 Fax: (021) 7815144
e-mail : [email protected] / [email protected]
Website: www.umiba.ac.id